Kamis, 29 Agustus 2019

PERKALIAN TEMA 2

Kumpulan Soal Pelajaran Matematika Kelas 2 SD/MI

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = …. x ….. = ….
Titik-titik di atas yang tepat adalah ….
a. 5 x 6 = 30
b. 7 x 5 = 35
c. 5 x 7 = 35
d. 5 x 5 = 35

2. 4 x 9 = 36
Jika ditulis dalam operasi penjumlahan adalah ….
a. 4 + 9
b. 4 + 4 + 4 + 4
c. 9 + 9 + 9 + 9
d. 3 + 6 + 3 + 6

3. Semua bilangan yang dikali dengan angka 1, maka akan menghasilkan ….
a. Tiga kali lipat
b. Bilangan itu sendiri
c. Dikurangi satu
d. Ditambah satu

4. 8 x 5 = ….
Hasil dari operasi hitung perkalian di atas adalah ….
a. 42
b. 44
c. 35
d. 40

5.
Soal UTS Matematika Kelas 2 SD Semester 2 ( Genap ) dan Kunci Jawaban
Gambar buah apel di atas jika ditulis dalam operasi perkalian adalah ….
a. 3 x 5 = 15
b. 5 x 3 = 15
c. 3 x 6 = 18
d. 6 x 3 = 18

6. Perkalian di bawah ini yang hasilnya tepat adalah ….
a. 4 x 9 = 38
b. 4 x 7 = 27
c. 8 x 4 = 32
d. 8 x 8 = 63

7. Operasi perkalian di bawah ini yang hasilnya 64 adalah ….
a.  9 x 8
b. 8 x 8
c 7 x 9
d. 7 x 8

8. 7 x …. = 77
Angka yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
a. 11
b. 12
c. 13
d. 14

9. Operasi perkalian berikut ini yang hasilnya tidak 60 adalah ….
a. 12 x 5
b. 6 x 10
c. 15 x 4
d. 6 x 6

10. Bagus membeli 3 kantong buah. Setiap kantong berisi 13 buah apel. Jumlah seluruh buah apel yang dibeli Bagus adalah ….
a. 35 apel
b. 37 apel
c. 39 apel
c. 40 apel

11. Ahmad membeli 8 pak buku. Setiap pak berisi 10 buku. Jumlah seluruh buku yang dibeli Ahmad adalah ….
a. 60 buku
b. 80 buku
c. 78 buku
d. 18 buku

12. Bu Karina membeli 5 kardus roti. Setiap kardus berisi 15 bungkus roti. Jumlah seluruh roti yang diibeli Bu Karina adalah ….
a. 70
b. 75
c. 80
d. 85

13. Operasi hitung 20 : 4 itu sama artinya dengan operasi hitung ….
a. 20 x 4
b. 20 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4
c. 4 : 20
d. 20 + 4 + 4 + 4 + 4

14. 42 : 6 = ….
Hasil dari operasi pembagian di atas adalah ….
a. 9
b. 8
c.7
d. 4

15. 50 : 10 = ….
Hasil dari operasi pembagian di atas adalah ….
a. 5
b. 6
c.7
d. 8

16. Operasi pembagian berikut ini yang hasilnya 9 adalah ….
a. 72 : 9
b. 36 : 6
c. 63 : 7
d. 80 : 10

17. Operasi pembagian di bawah ini hasilnya adalah 8, kecuali ….
a. 24 : 3
b. 40 : 5
c. 56 : 7
d. 42 : 6

18. Perhatikan operasi pembagian di bawah ini !
( i ) 16 : 2 = 8
( ii ) 42 : 7 = 7
( iii ) 48 : 8 = 6
( iv ) 54 : 9 = 6
Operasi pembagian di atas yang benar ditunjukan pada nomor ….
a. i dan ii
b. i dan iii
c. i dan iv
d. iiI dan iv

19. ….. : 12 = 6
Angka yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam operasi pembagian di atas adalah ….
a. 70
b. 80
c. 72
d. 82

20. 96 : 12 = 8
Operasi pembagian di atas jika diubah menjadi operasi perkalian akan menjadi ….
a. 8 x 96 = 12
b. 96 x 12 = 8
c. 12 x 8 = 69
d. 8 x 12 = 96

21. Pak Jaya memibawa oleh-oleh kaos dari luar kota sebanyak 45 buah. Pak Jaya ingin membagikan kaos tersebut kepada 15 keponakannya secara sama rata. Jadi nantinya jumlah kaos yang diterima setiap keponakannya adalah ….
a. 4 kaos
b. 5 kaos
c. 2 kaos
d. 3 kaos

22. Pak Santoso memiliki 66 buah manggis. Pak Santoso ingin memasukkan buah manggisnya tersebut ke dalam 11 kantong dengan jumlah sama rata. Maka jumlah buah manggis tiap plastik adalah ….
a. 6 buah

b. 7 buah
c. 8 buah
d. 9 buah

23. Bayu mempunyai 49 kelereng. Bayu ingin memasukkannya ke dalam 7 kotak secara sama rata. Jadi jumlah isi setiap kotak adalah ….
a. 8 kelereng
b. 9 kelereng
c. 10 kelereng
d. 7 kelereng

24. 12 x 4 : 8 =….
Hasil operasi hitung campuran di atas adalah ….
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7

25. 30 : 3 x 5 + 12 = ….
Hasil operasi hitung campuran di atas adalah ….
a. 74
b. 62
c. 96
d. 72



B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. 7 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 = ….. x ….. = …..

2. 5 x 9 = ….. + ….. + ….. + ….. + …..  = …..

3.
Soal UTS Matematika Kelas 2 SD Semester 2 ( Genap ) dan Kunci Jawaban

Gambar penjumlahan di atas jika ditulis dalam operasi perkalian menjadi ….

4. Semua bilangan jika dikali dengan angka 0, maka hasilnya adalah ….

5. Hasil operasi perkalian dari 15 x 6 = ….

6. Hasil operasi pembagian bagi dari 60 : 12 = ….

7. 54 : …. = 9
Angka yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….

8. Hasil operasi pembagian dari 100 : 10 adalah lebih …………… dari hasil 81 : 9.

9. 70 : 10 x 8 = ….
Hasil operasi hitung campuran di atas adalah …..

10. 10 x 8 : 20 – 3 = ….
Hasil operasi hitung campuran dari di atas adalah  …..

Rabu, 28 Agustus 2019

BERMAIN DI LINGKUNGAN

Hari/ tanggal                                       : Rabu / 28 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema                                   : 2 (Bermain di Lingkungan)/1(Bermain di Lingkungan Rumah)

Bahasa Indonesia
3.2 menguraikan kosakata dan konsep  tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan
3.2.1 menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat

Matematika
3.4 menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
3.4.1 menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar
3.4.2 menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar

Tujuan pembelajaran
·         Siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar
·         Siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar
·         Siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar
·         Siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar
·         Siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat
·         Siswa dapat menyebutkan isi teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang dibacakan dengan tepat
·         Siswa dapat membaca kembali teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat

Materi ajar
Bahasa Indonesia
Mendengarkan dengan seksama isi teks pendek yang dibacakan oleh guru. Siswa mendengarkan teks “Bermain Perahu Kertas” kemudian memahami dan mampu menceritakan kembali intisari dari teks yang dibacakan guru
Siswa membacakan teks “Bermain Simpai” kemuadian, siswa yang lain mendengarkan sembari mencerna maksud dari teks yng dibacakan. Bukti dari siswa mampu memahami intisari teks tersebut adalah dengan cara menceritakan kembali isi cerita tersebut dan ditulis di buku tulis tematik masing-masing

Matematika 
Guru menyuruh masing-masing siswa membawa batu kerikil sebanyak-banyaknya lalu memberi instruksi untuk menaruh batu kerikil masing-masing 2 buah di 3 tempat yang berbeda lau, menjumlahkan berapa banyak batu kerikil yang terpakai. Dengan cara tersebut siswa mampu memahami secara konkret apa yang dilihat, dipraktekkan dengan dasar materi penjumlahan pengurangan di tematik 1 sebelumnya. 
Dengan menggunakan cara yang sama yaitu memabagi 4 buah batu kerikil ke 3 tempat yang berbeda kemudian, menjumlahkan berapa banyak batu kerikil yang terpakai.