Jumat, 30 Juli 2021

MENULIS

 


Pembelajaran        : Latihan Menulis 



Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas II A,  Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian  semua selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk sholih sholiha melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Link tausyiah hari ini :

https://youtu.be/AR5kpJ5bsjw

Semoga bermanfaat, Aamiin..


Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak πŸ’ͺ

Baik anak-anak hari kita akan belajar menulis Tegak Bersambung. 

Anak-anak dapat menulis contoh kalimat yang Ibu Guru berikan di bawah ini ya nak πŸ‘‡

Mintalah bantuan kepada Ayah/bunda  atau keluarga agar dapat memberikan contoh menulis terlebih dahulu ya nak . 

Kerjakan di buku Halus Kasar ya nak 


Selamat Mengerjakan .... 

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2A

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp bu guru

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 12.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru )

Terimakasih πŸ™

Kamis, 29 Juli 2021

PENILAIAN HARIAN TEMATIK 1 SUBTEMA 1&2

   

Tabik Pun πŸ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum melaksanakan Penilaian harian Tematik 1 Subtema 1&2, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya Nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/CfLfbua0Etk

Berikut Link Google form PH Tematik 1 Subtema 1&2

https://bit.ly/3734sXB

Melafalkan Basmallah dan Berdoa terlebih dahulu, semoga pengerjaannya dimudahkan oleh Allah SWT. aamiin.. Kerjakan dengan mandiri dan teliti ya Nak.. semoga mendapatkan hasil terbaikπŸ™πŸ»

Selamat Mengerjakan sholih sholiha...πŸ€—

Rabu, 28 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5&6

     

Tabik Pun πŸ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/ifvXVlWY-jA


Kelas                   : 2

Tema                   : 1 / Hidup Rukun
Sub Tema            : 2 / Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran      : 5 & 6

Tujuan Pembelajaran :
1.       Siswa dapat menggunakan kalimat ajakan dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
2.       Siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila dengan benar.

Untuk memulai pembelajaran mari kita ucapkan lafadz Basmallah, silahkan anak-anak simak video pembelajaran berikut ini 

Video Pembelajaran
Tematik 1 Subtema 2 Pembelajaran 5
https://www.youtube.com/watch?v=u2xR8hhfKBg

Tematik 1 Subtema 2 Pembelajaran 6

Tugas 
1. Buatlah percakapan antara Beni dengan Udin sesuai gambar dibawah ini, menggunakan kalimat ajakan !

2.  Tuliskan pengalamanmu menerapkan nilai-nilai sila ketiga Pancasila dengan temanmu ketika bermain !

3.    Sesuai dengan sila berapakah sikap pada gambar berikut ?
a.    Sila ke . . .                                          b. Sila ke . . .
                 

4.    Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terbesar sampai terkecil !
  1. 342   573   562
  2. 657   446   735
Selamat mengerjakan dan tetap semangat ya meskipun kita belajar di rumah.


TEMATIK 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4

     

Tabik Pun πŸ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :



Tema                    : Hidup Rukun
Sub Tema             : Hidup Rukun di Tempat Barmain
PB                        : 3&4

Tujuan
1.       Membuat kalimat ajakan dalam teks percakapan.
2.       Membubuhkan tanda <, =, atau > di antara dua bilangan tiga angka.
3.       Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya.


Video Pembelajaran


Tematik 1 Subtema 2 Pembelajaran 3
Tematik 1 Subtema 2 Pembelajaran 4

Kalimat Ajakan
      https://www.youtube.com/watch?v=Whse405Jy4k

Mengurutkan Bilangan
      https://www.youtube.com/watch?v=KSMlBRCXjDU

TUGAS
1. 

    

2. Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya! 


3.
    Urutannya ……  ,  ……   ,  …… 


Senin, 26 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

    

Tabik Pun πŸ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/dnwSUnZpvP4


Kelas : 2

Tema : 1 

Subtema : 2

Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran           :
  1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
  2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.


Media dan Alat Pembelajaran
Video pembelajaran
Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2



Materi Ajar    :
  1. Menyebutkan isi teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan.
  2. Menunjukkan perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama dan kedua Pancasila.


Tugas
1.     

Tulislah  kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain dari percakapan diatas! 


2.      Tulislah bunyi Sila berikut sesuai dengan simbolnya!


Jumat, 23 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

    

Tabik Pun πŸ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :



Kelas : 2

Tema : 1 

Subtema : 2

Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran           :
1.      Dengan diberikan teks percakapan yang berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
2.      Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
3.      Dengan diberikan gambar kumpulan benda, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.


Video Pembelajaran 

Tematik 1 Subtema 2 Pembelajaran 1


Materi Ajar    :
1.      Menyebutkan kalimat ajakan pada teks percakapan
2.      Melakukan gerak koordinasi kepala, tangan dan kaki sesuai hitungan.
3.      Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari.



Tugas
1. Buatlah kalimat ajakan seperti contoh dari video di atas!


2. 

Kamis, 22 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5&6

   

Tabik Pun πŸ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/CqVAVuvmfxg


Kelas : 2

Tema : 1 

Subtema : 1

Pembelajaran : 5&6

Tujuan Pembelajaran           :

  1. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.
  2. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  4. Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.

Video pembelajaran
Tematik 1 Subtema 1 Pembelajaran 5
Tematik 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

Materi Ajar :
  1. Menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan teks cerita.
  2. Menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga di rumah.
  3. Menjelaskan makna ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kerja sama bersama anggota keluarga kita, seperti memasak bersama, merawat tanaman bersama, dan membersihkan rumah bersama. Kerja sama adalah melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerja  sama adalah contoh penerapan Sila Ketiga.

Udin dan Mutiara rukun dalam melakukan tugas-tugas di rumah.
Mereka mempunyai tugas membersihkan rumah dan halaman.
Bagaimana agar tugas itu dapat diselesaikan dengan baik?
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut!
Kebersihan rumah tempat tinggal Udin selalu terjaga.
Setiap anggota keluarga bertugas menjaga lingkungan rumah.
Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan
halaman rumah.
Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.
Udin menyiram tanaman. Mutiara menyapu halaman. Halaman rumah selalu indah dan rapi.
Ayah dan Ibu senang karena anak-anaknya cepat kaki ringan tangan.

Bacalah kalimat berikut!
1. Udin menjadi juara pertama lomba menggambar, tetapi ia tetap rendah hati.
2. Ayah dan ibu mengasihi buah hatinya.
3. Udin senang mendapat buah tangan dari ayah.
4. Udin dijuluki cepat kaki ringan tangan karena selalu mengerjakan tugas dengan baik.
5. Masalah harus diselesaikan dengan kepala dingin agar tidak terjadi pertengkaran.

Apakah kamu pernah berbeda pendapat dengan kakak/adikmu?
Kita harus memiliki sikap menhargai kepada semua orang.
Sikap saling menghargai diperlukan untuk menjaga kerukunan di rumah.
Ayah menghargai pendapat Ibu, begitu pula sebaliknya.
Kakak menghargai pendapat adik, begitu pula sebaliknya.
Orang tua menghargai pendapat anak, begitu pula sebaliknya.
Dengan saling menghargai kita dapat hidup rukun. 
Hidup rukun di rumah membuat suasana tenang dan damai.

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di bawah ini!
Ayah      : Hari Minggu nanti kita akan berwisata.
                 Kalian ingin pergi ke mana?
Udin      : Aku ingin pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana kalau ke pegunungan saja?
Ibu        : Wah, ada dua pendapat nih. Mana yang akan kita pilih?
Udin      : Liburan kali ini saya ingin ke kebun binatang.
Ayah      : Mari kita ambil jalan tengah. Ada yang mau mengajukan usul?
Mutiara  : Begini saja, saya punya usul. Liburan kali
                 ini kita pergi ke kebun binatang. Liburan
                 selanjutnya kita pergi ke pegunungan.
Udin      : Kakak baik sekali. Maaf ya, Kak. Aku
                sudah bicara terlalu keras tadi. Baik, aku
                setuju.
Ibu         : Itulah manfaatnya kalau persoalan
                diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah      : Kalian memang anak-anak yang hebat.

Saya mendapatkan tiket masuk Kebun Binatang. Pada tiket masuk Kebun Binatang tertulis No. 354.
354 digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.
Banyaknya kubus ada 354
Dibaca tiga ratus lima puluh empat


Tugas
  1. Kumpulkan foto kegiatanmu di rumah yang menerapkan Sila Ketiga!
  2. Tuliskan nama bilangan dari 245 !
  3.  Bilangan 435 
    Angka 4 menempati nilai tempat =
    Angka 3 menempati nilai tempat =
    Angka 5 menempati nilai tempat =