Selasa, 13 Agustus 2019

TEMA 2 SUBTEMA 1


Hari/ tanggal                                       : Selasa / 13 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema                                   : 2 (Bermain di Lingkungan)/1(Bermain di Lingkungan Rumah)

Bahasa Indonesia
3.2 menguraikan kosakata dan konsep  tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan
3.2.1 menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat

Matematika
3.4 menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
3.4.1 menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar
3.4.2 menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar

Tujuan pembelajaran
·         Siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar
·         Siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar
·         Siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar
·         Siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar
·         Siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat
·         Siswa dapat menyebutkan isi teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang dibacakan dengan tepat
·         Siswa dapat membaca kembali teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat

Materi ajar
Bahasa Indonesia
Mendengarkan dengan seksama isi teks pendek yang dibacakan oleh guru. Siswa mendengarkan teks “Bermain Perahu Kertas” kemudian memahami dan mampu menceritakan kembali intisari dari teks yang dibacakan guru


Siswa membacakan teks “Bermain Simpai” kemuadian, siswa yang lain mendengarkan sembari mencerna maksud dari teks yng dibacakan. Bukti dari siswa mampu memahami intisari teks tersebut adalah dengan cara menceritakan kembali isi cerita tersebut dan ditulis di buku tulis tematik masing-masing

Matematika
Guru menyuruh masing-masing siswa membawa batu kerikil sebanyak-banyaknya lalu memberi instruksi untuk menaruh batu kerikil masing-masing 2 buah di 3 tempat yang berbeda lau, menjumlahkan berapa banyak batu kerikil yang terpakai. Dengan cara tersebut siswa mampu memahami secara konkret apa yang dilihat, dipraktekkan dengan dasar materi penjumlahan pengurangan di tematik 1 sebelumnya.

Dengan menggunakan cara yang sama yaitu memabagi 4 buah batu kerikil ke 3 tempat yang berbeda kemudian, menjumlahkan berapa banyak batu kerikil yang terpakai.

SBdP



3 komentar: