Rabu, 16 Oktober 2019

Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4


16 Oktober 2019

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: I

TemaIII / Tugasku Sehari-hari

SubtemaIV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial

Pembelajaran: 4

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

PKn

3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

 

Matematika

3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar dan isi teks yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2. Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
3. Dengan mengamati isi teks dan penugasan guru, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.
4. Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.
5. Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat mengurutkan harga.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. Mencermati gambar dan isi teks yang berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2. Mencermati isi teks dan penugasan guru tentang perbedaan individu di sekolah berdasarkan
3. suku/asal daerahnya.
4. Mencermati teks yang disajikan dan penjelasan guru untukmengurutkan harga.

 

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
• Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
• Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika

 

Materi Pembelajaran

Upacara Hari Sumpah Pemuda

 

Upacara berlangsung khidmat.

Upacara diikuti seluruh siswa dan guru.

Pembina upacara memberi pengarahan.

Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar.

Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa.

Kemudian ada petugas yang membacakan naskah Sumpah Pemuda.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar