Selasa, 26 November 2019

Tema 4

18 November 2019

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: I

TemaIV / Hidup Bersih dan Sehat

Subtema: IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran6

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

 

PPKn

3.4 Memahami makna bersatu dalam keeberagaman di rumah dan sekolah.

 

Matematika

3.11 Menjelaskkan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

 

Tujuan Pembelajaran

4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan engan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di teempat umum sekitar rumah dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara beenar.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

• Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
• Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

• Mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berhubungan dengan tempat umum (pasar) yang tidak bersih.
• Mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks percakapan sebelumnya, misalnya saja kata tercemar, sakit, dan gatal
• Bertanya jawab tentang bahan-bahan yang biasa dijual di pasar dalam  membuat keterampilan, misalnya saja manik-manik.
• Siswa membuat  kerajinan dari manic-manik, misalnya gelang  atau kalung sederhana.

 

Penutup

• Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
• Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat 
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.

 

Materi Pembelajaran

Dayu dan teman-teman berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon.

Taman nasional ini meerupakan kawasan cagar alam yang ddilindungi.

 

Membaca teks dengan suara nyaring

 

Flora dan Fauna Lestari, Manusia Akan Sehat

 

Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kahidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna disekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harrus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tiddak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.

 

Apa isi teks yang telah kamu baca?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga tumbuhan dan hewan di sekitarmu ?

 

Amati gambar di bawah ini dengan teliti !

 

Tuliskan 2 cara mnjaga agar tanaman tumbuh subur !

Uliskan 2 cara menjaga agar hewan di sekitarmu tetap sehat !

 

 

Amati gambar dibawah ini dengan teliti!

 

Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman ?

Sikap apa yang mereka tunjukkan ?

Dayu dan teman-teeman meerawat taman keelas bersama.

Mereka selalu menerapkan kebersamaan.

Kebersamaan merupakan wujud persatuan.

 

Apa manfaat hidup bersatu dengan teman ?

Apa pula akibatnya jika hidup tidak berrsatu deengan teeman ?

 

Kerjakan latihan berikut !

 

 

 

 

Lengkapilah bentuk bangun-bangun ruang beerdasarkan pola berikut !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar