Kamis, 30 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas: II
Semester: II
Tema: V / Pengalamanku
Subtema: IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran: 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mence rmati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia
PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku dirumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
2. Dengan menulis contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan silakeempat Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalamanmenerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar variasi gerak mendarat, siswa dapatmenjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai denganbenar.
4. Dengan menjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senamlantai, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak mendarat dalamaktivitas senam lantai dengan benar.
5. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menjelaskanmakna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapanmenggunakan bahasa sendiri dengan benar.
6. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat bermain perandalam melatih ungkapan menggunakan menggunakan kata “tolong”untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. SiswamengamatigambarPulau Raja Ampat (mengamati).
2. SiswabertanyajawabtentanggambarPulau Raja Ampat (menanya).
3. SiswamembuatpertanyaanberkaitandengangambarPulau Raja Ampat(menanya).
4. Siswamenukarkanpertanyaan yang dibuatdengantemansebangkunya(menanya).
5. Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
6. Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya (menalar).
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
1. Siswabertanyajawabtentangperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila (menanya).
2. Siswaberdiskusimenentukanperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila (mengomunikasikan).
3. Siswamenunjukkancontohperilaku di rumah yang sesuaidengansilakeempatPancasila (mencoba).
4. Siswamenuliskan di dalamgrafik organizer polagantungan yang sudahdisediakan (mencoba).
1. SiswamengamatigambarBenimenceritakanpengalamannyamenerapkanperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila(mengamati).
2. Siswamenceritakanpengalamannyadalammenerapkansikap yangsesuaidengansilakeempatPancasila (mengomunikasikan).
3. Siswamenceritakantentangpengalamanmenerapkannilai-nilaiPancasilasilakeempat di rumah (mengomunikasikan).
1. SiswamengamatigambarBenilombamendaratantaranak-anak(mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentanggerakan yang dilakukanolehBenibersamateman-temannya (menanya).
3. Siswamengamatigambarvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mengamati).
4. Siswamenjelaskanvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mengomunikasikan).
5. Siswamempraktikkanvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mencoba).
1. Siswabertanyajawabtentangmaknaungkapanmemintamaaf(menanya).
2. Siswaberdiskusitentangmaknaungkapanmemintamaaf(mengomunikasikan)
3. Siswamenulishasildiskusinyapadakolom yang sudahdisediakan(mencoba).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar