Senin, 23 Maret
2020
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
VII / Kebersamaan
Subtema : IV / Kebersamaan di Tempat Wisata
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di sekolah
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di sekolah
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng
binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan.
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng
secara lisan dan tulis.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng
binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara
nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng
secara lisan dan tulis.
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan
1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4
yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam
kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam
berkarya.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan membaca teks dongeng,
siswa mampu memahami sikap hidup rukun.
2.
Dengan membaca teks dongeng,
siswa mampu menyebutkan isi dongeng dengan percaya diri.
3.
Dengan mencermati gambar dan
mencari data, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik masing-masing teman
sekolah.
4.
Dengan mencermati gambar dan
hasil data, siswa mampu menyajikan data karakteristik masing-masing teman
sekolah.
5.
Dengan kegiatan menyelesaikan
soal, siswa mampu menemukan kata sapaan dalam dialog.
6.
Dengan kegiatan menyelesaikan
soal, siswa mampu menjelaskanpenggunaan kata sapaan dalam dongeng dengan bahasa
lisan.
7.
Dengan kegiatan menyelesaikan
soal, siswa mampu menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam dongeng dengan
bahasa tulis.
8.
Dengan kegiatan menyelesaikan
soal, siswa mampu melengkapi kata sapaan dalam dongeng dengan ejaan yang benar.
9.
Dengan kegiatan menyelesaikan
soal, siswa mampu mengoreksi kebenaran kata sapaan yang telah ditulis.
10. Dengan
kegiatan menyelesaikan soal, siswa mampu memperbaiki kata sapaan yang telah
dikoreksi.
11. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan
sebagai bagian dari keseluruhan.
12. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan
sebagai bagian dari keseluruhan.
13. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan
sebagai bagian dari keseluruhan.
14. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (
) yang bersesuaian dengan bagian dari
keseluruhan suatu benda konkret.
15. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (
) yang bersesuaian dengan bagian dari
keseluruhan suatu benda konkret.
16. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan (
) yang bersesuaian dengan bagian dari
keseluruhan suatu benda konkret.
17. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri
karya hiasan dengan bahan alam.
18. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi
cara menggunakan bahan alam dan alat untuk membuat karya hiasan.
19. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alam.
20. Dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu membuat karya hiasan dengan
bahan alam.
Materi Pembelajaran
Kebersamaan
di Tempat Wisata
Seluruh daerah di Indonesia
memiliki tempat
wisata. Minggu ini Siti dan
teman-teman akan
mengenal tempat wisata. Salah
satu tempat wisata
yang menarik adalah kebun
binatang.
Di kebun binatang, siswa dapat
melihat lebih dekat
·
Ada 2 ekor buaya
dalam sebuah tempat.
Seekor
buaya adalah
bagian dari buaya yang ada di kandang.
·
Ada 3 ekor buaya
dalam sebuah tempat.
Seekor buaya adalah
bagian dari
buaya yang ada di kandang.
·
Ada 4 ekor buaya
dalam sebuah tempat.
Seekor buaya adalah
bagian dari
buaya yang ada di kandang.
TUGAS
1. Tempat
wisata apa yang kamu sukai? Bagaimana agar tempat wisata itu tetap asri?
2.
Buaya :
"Hai Sura, mengapa kamu melanggar peraturan yang telah
kita sepakati berdua?
Sura :
"Aku melanggar kesepakatan?
Kata sapaan apa yang digunakan Buaya untuk
memanggil Sura?
5. Mengapa plastisin dapat digunakan untuk
membentuk karakter hewan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar