Jumat, 08 Januari 2021

TEMATIK 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

Kelas : 2

Tema : 5 Pengalamanku

Subtema : 1 Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran : 4

Assalamualaikum sholih sholiha 2A Tabik Pun😊 how are you today? ingat selalu menjaga protokol kesehatan walaupun Anak-anak semua Belajar dimanapun tempatnya.

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiah berikut ini :  

https://youtu.be/7pTQsopfsLg

Alhamdulillah kemarin kita sudah belajar mengenai alat ukur panjang benda. Alat ukur panjang ada 2, yaitu penggaris dan meteran. Jika bendanya berukuran besar seperti pintu dan lemari kita mengukurnya menggunakan meteran ya nak, tetapi jika bendanya berukuran kecil seperti laptop dan pensil kita mengukurnya menggunakan penggaris saja.

Tujuan Pembelajaran kita hari ini adalah: menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik. menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.

VIDEO PEMBELAJARAN :

https://www.youtube.com/watch?v=U1APld5sQh8

Ringkasan Materi

Hari ini adalah hari Minggu. Keluarga Beni duduk di teras rumah. Tiba-tiba Beni membaca puisi.



Kata dan Maknanya

Cangkul maknanya adalah alat untuk menggali atau mengaduk tanah.

Siramilah maknanya mencurahkan air

Tumbuh maknanya bertambah besar

Bermekaran maknanya mulai berkembang dan menjadi terbuka

Berkicau maknanya adalah bunyi burung

Setiap baris dalam lagu lihat kebunku memiliki panjang/ pendek serta kuat atau lemahnya lagu

Berikut pemaparan setiap barisnya:

Lihat Kebunku  : panjang - kuat

Penuh dengan bunga : panjang -lemah

Ada yang putih : panjang - kuat

Dan ada yang merah : panjang – lemah

Semuanya indah : panjang –kuat

Berikut puisi yang berjudul Taman bungaku



Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?

Jawab: ................................................................

2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!

Jawab: ................................................................

3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?

Jawab: ................................................................

4. Bagaimana cara merawat taman? 

Jawab: ................................................................

5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!

Jawab: ................................................................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar