Kamis, 05 Agustus 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5&6

       

Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :



Kelas                   : 2

Tema                   : 1 / Hidup Rukun
Sub Tema            : 3 / Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran      : 5&6
















Untuk memulai pembelajaran mari kita ucapkan lafadz Basmallah, silahkan anak-anak simak video pembelajaran berikut ini 

➢ RINGKASAN MATERI

VIDEO PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA3 PEMBELAJARAN 5
https://www.youtube.com/watch?v=W5q95CMWe8o

 

Permainan dalam mencari kelompok

✓ Langkah yang dilakukan dalam permainan :
1. Pembina akan menyuruh siswa berlari untuk mengelilingi lapangan
2. Nantinya Pembina akan menyebutkan angka 1-10, apabila Pembina menyebut angka 6 maka siswa harus mencari kelompok sebanyak 6 siswa.
3. Bagi kelompok yang salah ( kurang / lebih ) kelompok tersebut akan mendapat hukuman dari Pembina.

✓ Pengamalan dalam kehidupan sehari - hari sesuai sila ke – 3 

 * Sikap toleran yang tinggi atau mudah memaafkan orang lain.

 * Menjaga suasana masyarakat agar selalu tentram dan tidak menimbulkan perpecahan.

 * Menjunjung tinggi kepentingan bersama diatas kepentingan individu.

 * Rela berkorban Negara Kesatuan Republik Indonesia


✓  Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta/ memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu. Arti Kalimat perintah adalah kalimat yang isinya menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki.

 

Pembelajaran 6


VIDEO PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA PEMBELAJARAN 6

https://www.youtube.com/watch?v=wFC37PSrhmk

 

✓ Pengamalan dalam kehidupan sehari - hari sesuai sila ke - 4

 * Memutuskan masalah secara bersama – sama.

 * Mendengarkan pendapat oranglain dengan bijak.

 * Mengkritik dan memberikan saran apabila dibutuhkan.

 * Tidak memaksakan kehendak orang lain.

https://youtu.be/7w3XDHyVF9Q


✓ Pengamalan dalam kehidupan sehari - hari sesuai sila ke - 5

 * Ikut berperan aktif dalam membayar pajak untuk mensejahterakan oang yang kurang mampu.

 * Menjaga keseimbangan diantaranya mengerjakan kewajiban dan menerima hak.

 * Menjadi aparatur negara yang bersikap adil terhadap masyarakatnya.

 

✓ Pengurangan (tanpa meminjam)

Contoh soal:

Seorang pedagang mempunyai beras sebanyak 4.125 kg dan beras tersebut terjual sebanyak 3.025 kg. Berapa kilogram beras yang masih belum terjual.

Penyelesaian:

A. Cara bersusun panjang

4.125 – 3.025 = …

Langkah pengerjaan:

4.125 = 4.000 + 100 + 20 + 5

3.025 = 3.000 + 0 + 20 + 5      

1.100 = 1000 + 100 + 0+ 0

           = 1.100

Jadi jumlah beras yang belum terjual sebanyak 1.100 kg.


B. Cara bersusun pendek

4.125

3.025 

1.100

 


LATIHAN PEMBELAJARAN 5 dan 6

 

1. Tuliskan contoh sikap yang menunjukan sikap sila ke-tiga

………………………………………………………………………………………

 

2. Tuliskan contoh sikap yang menunjukan sikap sila ke-empat

………………………………………………………………………………………

 

3. Tuliskan contoh sikap yang menunjukan sikap sila kelima

………………………………………………………………………………………







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar