Rabu, 22 Juli 2020

TEMATIK 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 & 4 (22 Juli 2020)


Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
2.      Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam kalimat dengan benar.
3.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
4.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
5.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
6.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
7.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
8.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek.

Media dan Alat Pembelajaran
Ø  Teks lagu Peramah dan Sopan
Ø  Teks tentang Hidup Rukun

Bahasa Indonesia
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
Sekarang coba perhatikan lagu Peramah dan Sopan Ciptaan Pak Dal dibawah ini!
Apa ungkapan Tinggi Hati memiliki arti yang serupa pada salah satu lirik lagu Peramah dan Sopan dibawah ini?

SBdP
3.2  Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2  Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

Silahkan copy link youtube dibawah ini dan dengarkan lagu Peramah dan Sopan

https://www.youtube.com/watch?v=-BItu402n1s

Bagian yang tebal mendapat penekanan kuat. Nyanyikan bagian tersebut sambil bertepuk.

Bu-kan-nya  cong-kak
Bu-kan-nya  som-bong
Yang  di-sa-yang-i  han-dai  dan  tau-lan
Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong
Ra-jin  be–ker–ja
Pe-ra-mah   dan  so- pan

Matematika
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1  Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

Udin meraih juara pertama lomba menggambar. Nomor peserta Udin 232.

232 dibaca dua ratus tiga puluh dua.

345 dibaca tiga ratus empat puluh lima.

476 dibaca empat ratus tujuh puluh enam.

Angka-angka penyusun suatu bilangan menunjukkan

nilai tempat.
Coba perhatikan gambar di bawah ini!
Kesimpulan:
21 terdiri atas 2 puluhan 1 satuan
21 = 2 puluhan + 1 satuan
21 = 20 + 1

Kesimpulan:
121 terdiri atas 1 ratusan 2 puluhan 1 satuan
121 = 1 ratusan + 2 puluhan + 1 satuan
121 = 100 + 20 + 1



TUGAS
1.
Bu – kan nya   cong-kak
                  __     __
Bu-kan-nya  som-bong
           
Yang di-sa-yang-i han-dai dan tau-lan
                          
Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong
… … … …                        
Ra-jin  be-ker-ja
… … … … …
Pe-ra-mah  dan   so- pan
                

Tulislah lambang bilangannya!
2.  Seratus tujuh belas = ....
3.  Dua ratus empat puluh enam = ....


Tulislah nama bilangannya!
4.  632 = _______________________
5.   784 =________________________

2 komentar: