Bahan
Ajar dan Materi
Pembelajaran
Tema 1 Hidup Rukun
Sub
1 Hidup Rukun di
Rumah
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan diberikan teks cerita tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan,
siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita
tersebut dengan tepat
2. Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung
ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat
pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih
dari 100, siswa dapat menyatakan
kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan
benar.
4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih
dari 100, siswa dapat membaca.
5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
membedakan panjang pendek bunyi
pada lagu anak dengan tepat.
6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran
1. Gambar kerukunan keluarga di rumah
2. Teks lagu “Peramah dan Sopan”
Materi Ajar :
1. Menyebutkan
ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
2. Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
3. Menyatakan lambang bilangan tiga angka
dengan menggunakan gambar.
4. Membaca bilangan tiga angka sampai 999.
5. Membedakan panjang dan pendek bunyi pada
lagu anak.
6. Menampilkan panjang pendek bunyi pada
lagu anak.
Kita semua menginginkan suasana damai di
rumah. Kedamaian terjadi karena adanya kerukunan. Ayah dan ibu rukun. Kakak dan
adik rukun. Semua anggota keluarga menjaga kerukunan di rumah.
Ayah
dan Ibu Menyayangi
Mutiara
dan Udin
Suatu hari ayah membawakan buah
tangan untuk
Mutiara dan Udin.
Mutiara mendapatkan buku
cerita.
Udin mendapatkan mainan.
Mutiara dan Udin berterima
kasih kepada ayah dan
ibu.
Mutiara dan Udin tidak
saling berebut oleh-oleh.
Ayah dan ibu bahagia melihat
buah hati mereka
selalu rukun.
Buah tangan = oleh-oleh
Buah hati = anak
Bilangan Cacah merupakan bilangan yang
dimulai dari angka nol dan selalu bertambah satu dengan bilangan setelahnya.
Bilangan-bilangan lain yang termasuk bilangan cacah yakni
0,1,2,3,4,5....980,981,982,983,984,985,986,987,988,989, 990,991,992,993,994,995,99,997,998,999
↤1 kubus satuan
sepuluh digambarkan
menjadi satu kubus
puluhan
Berilah tanda 𐐄 pada bagian yang dinyanyikan
pendek.
Berilah
tanda ___ pada bagian yang dinyanyikan
panjang.
Tugas
3. Kumpulkan fotomu bersama dengan orang
tua yang telah diberi teks percakapan singkat mengandung ungkapan “ Buah
Tangan” !
Baik bu terima kasih materinya..
BalasHapusSama-sama :)
HapusSyakirah R.I
BalasHapusTerimakasih atas materinya Bu
BalasHapusSama-sama Felecia :)
HapusBaik Bu terima kasih
BalasHapussama-sama :)
HapusTerimaksi bu guru(risky alfati)
BalasHapussama-sama Risky :)
Hapus