Bahan Ajar dan Materi
Pembelajaran
Tema 2 BERMAIN DI
LINGKUNGANKU
Sub 2 BERMAIN DI RUMAH
TEMAN
PEMBELAJARAN 5
Ø Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kumpulan benda, siswa dapat mengelompok-kan benda berdasarkan wujudnya di lingkungan dengan benar.
2. Dengan berdiskusi, siswa dapat melengkapi tabel perkalian dengan benar.
Ø RINGKASAN MATERI
VIDEO PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 2
https://www.youtube.com/watch?v=suoo46kv0cg
A. BENDA GAS
1. Sifat Benda Gas
Dikutip dari buku 'Panduan Belajar dan Evaluasi IPA' karya
Neti Lim dan Tim, ada empat sifat dari benda gas, yakni bentuknya yang
berubah-ubah, volumenya berubah-ubah, menekan ke segala arah, dan terakhir
menempati ruang. Selain itu, ada juga sifat benda gas yang mutlak adalah tidak
terlihat oleh mata dan tidak dapat dipegang.
2. Manfaat
Segala bentuk benda dapat bermanfaat bagi kehidupan
sehari-hari. Untuk benda berbentuk gas, seperti angin dapat bermanfaat untuk
menjalankan perahu, mengisi balon, hingga parfum sebagai pewangi pakaian.
3. Contoh Benda Gas
Adapun, contoh benda gas adalah mengembun dari gas ke air, contohnya uap air panas dapat berubah menjadi air lagi. Kemudian, benda gas menghablur dari gas menjadi padat, seperti gas belerang menjadi kristal belerang.
TUGAS
1. Tuliskan benda-benda yang ada di rumah mu, kemudian kategorikan benda tersebut termasuk ke dalam benda padat, cair atau gas dengan memberi tanda checklist (√) pada tabel berikut:
NAMA
BENDA |
WUJUD
BENDA |
||
PADAT |
CAIR |
GAS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Silahkan lengkapi tabel perkalian berikut sesuai arahan dari video pembelajaran.
|
30 |
|
X |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar