Tema: 3 Tugasku Sehari-Hari
Subtema: 3 Tugasku Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran: 1
Fokus Pembelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.
2. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan, siswa mampu menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.
3. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan, siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya.
4. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menentukan nilai sekelompok pecahan uang.
5. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menukar nilai sekelompok pecahan uang dengan sekelompok pecahan uang lain yang setara.
6. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu memahami gambar imajinasi.
7. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menggambar gambar imajinasi.
Video Pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=m1wC9hPv_tY
Budaya Tolong-Menolong
Hari ini, Siti belajar dengan ceria.
Siti bersama teman-teman berdoa dan memberi salam kepada ibu guru. Ibu guru menyampaikan pengumuman.
Pengumuman itu berisi berita tentang banjir di lingkungan sekolah.
Seluruh siswa ikut membantu.
Mereka mengumpulkan uang sumbangan. Sumbangan dari siswa dikumpulkan setiap kelas.
Kemudian, dari setiap kelas dikumpulkan untuk disalurkan. Seluruh siswa merasa senang dapat membantu korban banjir.
Hasil sumbangan dari siswa terdapat berbagai pecahan uang.
Siti dan teman-teman mengelompokkan mata uang. Setiap kelompok bernilai sama.
Setiap kelompok di atas bernilai lima ratus rupiah.
Budaya tolong-menolong sangat penting.
Siti bersama beberapa teman dan ibu guru memberikan bantuan kepada korban banjir.
Gambarlah keadaan lingkungan yang terkena banjir!
Alat dan bahan:
- Pensil
- Krayon
- penghapus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar