Kamis, 13 Februari 2020

T6 S2 PB4

13 Februari 2020

MATERI AJAR

Kelas2

Semester2

TemaMerawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema: Merawat Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 4

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

SBdP

3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gerakan burung, siswa dapat mengidentifikasi arah gerakan kaki dalam tari dengan benar.
2. Dengan mengamati gerakan burung, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tari dengan benar.
3. Dengan menirukan gerakan burung, siswa dapat mempraktikkan gerakan kaki.
4. Dengan menirukan gerakan burung, siswa dapat mempraktikkan koordinasi gerak.
5. Dengan membaca teks tentang memelihara hewan, siswa dapat menemukan kalimat yang menggunakan nama bulan.
6. Dengan menemukan kalimat yang menggunakan nama bulan, siswa dapat menggunakan huruf kapital pada nama bulan di dalam kalimat dengan benar. 
7. Dengan mengamati alat timbang, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda.
8. Dengan mengamati alat timbang, siswa dapat membaca ukuran berat benda.

 

Materi Pembelajaran

Membaca bacaan 

Ayah memelihara burung merpati. Beni memelihara ayam.

Setiap sore, Ayah dan Beni memberi makan hewan peliharaannya. 

Burung dan ayam memiliki sayap.

Bacalah bacaan berikut

Ayah memelihara burung merpati, beni memlihara ayam, setiap sore, ayah dan beni memberi makan hewan pemeliharaannya, burung dan ayam memiliki sayap.

Burung dapat terbang tinggi, sedangkan ayam tidak dapat terbang tinggi.

Perhatikan gerakan sayap burung saat terbang! Bagaimana gerakan sayapnya? Burung melebarkan sayapnya untuk dapat terbang. Perhatikan gerakan ayam saat mengejar beni

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada 12 bulan dalam satu tahun. Ada berapa nama bulan yang disebutkan pada bacaan? Sebutkan nama-nama bulan yang disebutkan pada bacaan! Ada berapa nama bulan yang tidak disebutkan? Coba tuliskan nama-nama bulan yang tidak disebutkan? Coba tuliskan nama-nama bulan yang tidak ada pada bacaan, berikut adalah nama-nama bulan dalam satu tahun. Dapatkah kamu menyusun nama bulan sesuai dengan urutan yang benar

 

 

 

Bulan november adalah bulan ulang tahun edo. Ibu bersiap membuatkan kue ulang tahun. Ibu membutuhkan telur, tepung terigu, gula, coklat, dan mentega. Untuk membuat kue yang enak. Bahan kue harus ditimbang terlebih dahulu. Ibu menggunakan alat timbang seperti gambar berikut.

Ibu membutuhkan 250 gram telur. Ibu mengukur menggunakan timbangan dapur, berpakah angka yang ditunjuk oleh jarum timbangan

 

Ibu membutuhkan 250 gram telur. Ibu mengukur menggunakan timbangan dapur. Berapakah angka yang ditunjuk oleh jarum timbangan? Apakah angkanya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan ibu? Diskusikan dengan temanmu jawaban pertanyaan diatas lalu, apakah yang harus dilakukan ibu?

Menambahkan telur pada timbangan, ataukah mengurangi telur pada timbangan? Selain telur ibu membutuhkan bahan-bahan lainnya, perhatikan resep berikut

Tepung terigu 500 gram, gula 200 gram mentega 150 gram cokelat 100 gram

Perhatikan gambar bahan diatas timbangan berikut. Lingkari bahan kue yang seusai dengan ukuran berat yang dibutuhkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanyakan kepada 5 temanmu pada bulan apakah mereka berulang tahun?

Lalu buatlah 5 kalimat dengan bulan ulang tahun temanmu.

Gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama bulan.

Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu, gunakan huruftegak bersambung.

 

Tanyakan kepada 5 temanmu, pada bulan pakah mereka berulang tahun? Lalu buatlah 5 kalimat dengan bulan ulang tahun temanmu,gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama bulan

 

Lakukan gerakan ayam, lakukan gerakan burung, lakukan gerakanbeni. Lakukan seperti pada latihan sebelumnya, tampilkan di depan kelas hasil kreasi kelompokmu, gunakan suara yang sesuai agar lebih menarik.

Ada 12 bulan dalam satu tahun. Ada berapa nama bulan yang disebutkan pada bacaan? Sebutkan nama-nama bulan yang disebutkan pada bacaan! Ada berapa nama bulan yang tidak disebutkan? Coba tuliskan nama-nama bulan yang tidak ada pada bacaan

Berikut adalah nama-nama bulan dalam satu tahun. Dapatkah kamu menyusun nama bulan sesuai urutannya.

Beni mengambil makanan dari kotak kemudian menerbangkannya pada ayam di depannya. Lakukan hingga 8 kali menebar makanan

Butalah kelompok yang terdiri atas 3-4 orang, tentukan peran setiap anggota kelompokmu! Ada yang berperan sebagai ayam, ada yang berperan sebagai burung, ada yang berperan sebagai beni

Lakukan gerakan ayam, lakukan gerakan burung, lakukan gerakan beni, lakukan seperti pada latihan sebelumnya. Tampilkan didepan kelas hasil keasi kelompokmu, gunakan suara yang sesuai agar lebih menarik.

 

Tirukan gerakan ayam, bayangkan kedua tanganmu adalah sayap ayam lipat siku tanganmu hingga membentuk sayap yang pendek. Hitung 8 kali kepakan. Setelah 8 kali kepakan buat gerakan mengepak!

Tirukan gerakan beni bayangkan dirimu adalah beni yang memberi makan ayam.

Beni mengambil makanan dari kotak, kemudian menerbangkannya pada ayam di depanmu. Lakukan hingga 8 kali menebar makanan

Perhatikan gerakan beni memberi makan ayam, diamengambil makanan dari dalam kotak, lalu dia menerbangkannya di antara ayam-ayam.

Tuliskan gerakan burung saat terbang, bayangkan kedua tanganmu adalah sayap burung, bentangkan tanganmu kemudian kepakkan, hitung hingga 8 kali kepakan, buat gerakan mengepak! Lakukan sambil membentuk lingkaran.

Tirukan gerakan ayam, bayangkan kedua tanganmu adalah sayap ayam, lipat siku tanganmu hingga membnetuk sayap yang pendek, hitung hingga 8 kali kepakan, setelah 8 kali kepakan buat gerakan mengepak!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar