Jumat, 21 Februari 2020

T6 S3 PB6

Jumat, 21 Februari 2020 

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: VI / Merawat hewan dan Tumbuhan

SubtemaIII / Tumbuhan di Sekitarku

Pembelajaran: 6

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

 

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

 

PPKn

3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titikpada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.

2. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan danmenggunakan tanda baca dengan benar.

3. Dengan berdiskusi tentang ukuran berat benda, siswa dapatmenyelesaikan persoalan, siswa dapat menemukan kesetaraan ukuranbenda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).

4. Dengan berdiskusi tentang ukuran berat benda, siswa dapat mengubahsuatu ukuran berat menjadi satuan tertentu.

5. Dengan membaca teks tentang aturan di sekolah, siswa dapatmengelompokkan hal-hal yang boleh dilakukan di sekolah.

6. Dengan membaca teks tentang aturan di sekolah, siswa dapatmengelompokkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di sekolah.

7. Dengan bermain peran tentang mematuhi aturan

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. Siswa membaca teks tentang merawat tanaman di sekolah. Isi bacaan tentang usaha siswa dalam menjaga pot-pot tanaman di sekitar kelas tidak pecah. Selain itu, siswa juga harus menjaga agar tanaman tidak rusak.
2. Guru member pemahaman siswa tentang contoh-contoh aturan di sekolah.
3. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai bacaan

 

 

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema VI Merawat hewan dan Tumbuhan
• Buku Siswa Tema VI Merawat Hewan dan tumbuhan
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah, terutamatanaman tanaman yang ada di sekitar sekolah. Siswa menuliskancerita tentang perannya dalam merawat tanaman di sekolah.
2. Guru membimbing siswa dalam bercerita dengan cara membuatpertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada jawaban peransiswa dalam merawat tenaman.
3. Siswa menuliskan jawaban pertanyaan tersebut.
4. Siswa bercerita di depan kelas dengan cara membaca jawaban-jawaban tentang merawat tanaman.

 

 

1. Siswa mengamati gambar anak-anak kelas Lani yang bergotongroyong merawat dan menyirami tanaman di depan kelas mereka.
2. Guru menanyakan apakah siswa juga memiliki pengalaman kerjasama dan saling membantu dengan teman sekelasnya.
3. Siswa menceritakan pengalamannya ketika mendapatkan bantuandari temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar