Selasa, 07 Januari 2020

T5 Subtema1 PB2

Selasa, 7 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

Subtema: I / Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran: 2 dan 3

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

 

PKn

3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar beberapa gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
2. Dengan mengikuti panduan dari guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
3. Dengan memilih beberapa gambar yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.
4. Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik.
5. Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan dengan benar.
6. Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.
7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Siswa mengingat kembali hal yang pernah dilakukannya berkaitan

dengan sila pertama Pancasila (mengamati).

Siswa menceritakan pengalaman yang pernah dilakukannya berkaitan

dengan sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).

Siswa menulis cerita tentang pengalamannya yang pernah dilakukannya

berkaitan dengan sila pertama Pancasila (mencoba).

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

 

 

Materi Pembelajaran

Beni dan ayahnya bermain kuda-kudaan.

Beni menirukan posisi kuda. Posisi kuda yang

diperagakan ayahnya.

Perhatikan gambar di bawah! Pengalaman Beni

dan ayahnya bermain di rumah.

Perhatikan posisi tangan Beni. Juga posisi tangan

ayahnya.

 

Perhatikan gambar berikut! Gambar-gambar

tersebut mencerminkan sila Pancasila.

Berikan centang (_) pada gambar yang

menunjukkan sila pertama.

Tuliskan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila!

1.

2.

3.

4.

5.

 

Pernahkah kamu melakukan kesalahan?

Kepada siapa kamu melakukan kesalahan?

Bagaimana cara meminta maaf?

Coba tuliskan permintaan maafmu!

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara

Beni dengan kakaknya.

 

1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m

 

Coba isi titik-titik berikut!

1) ... dan ... merupakan alat ukur untuk mengukur

panjang.

2) 3 m = ... cm

3) 4 m = ... cm

4) ... m = 500 cm

5) ... m = 600 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar