Rabu, 29 Januari 2020

T5 Subtema4 PB4

Rabu29 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

SubtemaIV / Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran: 4 

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

 

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

 

SBdP

3.4 Mengenal pengolahan bahanalam dan buatan dalamberkarya.

 

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan tekspercakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong dengan baik.
2. Dengan membuat teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalammelatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukundalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati data panjang kain, siswa dapat memecahkanmasalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
4. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.
5. Dengan mengamati teks percakapan antara Mei dan Beni, siswa dapatmengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.
6. Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasandengan bahan buatan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. SiswamengamatigambarCandi Borobudur (mengamati).
2. SiswamengamatigambarBenisedangmemintatolongkepadapengunjung lain untukdifoto (mengamati).
3. SiswamengamatiaktivitasBeni yang terdapat di dalamfotomengamati).

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

 

1. Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
2. Siswabertanyamenggunakan kata tanyaapa, siapa, di mana, kapan,mengapa, danbagaimana (menanya).
3. Siswamenulispertanyaannyapadakolom yang sudahdisediakan(menanya).
4. Siswadiberikesempatanuntukmenjawabpertanyaantemannya(menalar).
5. Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
6. Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya(menalar).

 

1. Siswamendengarkantekspercakapan yang dibacakanolehguru(mengamati).
2. Siswamendengarkantekspercakapan yang berhubungandenganbudayamemintatolong (mengamati).

3. Siswamenjawabpertanyaanberdasarkantekspercakapan yangdidengarnya (mengamati).

1. SiswamengamatigambarBenimemintatolongkepadaanak-anaklainnya yang mengunjungicandi (mengamati).
2. Siswamembacatekspadabalonceritadalamgambar yang diamati(mengamati).
3. Siswamencobakancaramemintatolongmenggunakanbahasa yangsopan di depankelas (mencoba).
4. Siswabermainperandalammelatihungkapandenganmenggunakankata “tolong” untukhiduprukundalamkemajemukan (mencoba).

1. Siswamengamati graphic organizer polaulat yang berisitentang datapanjangkain yang dimilikisiswa (mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentang data pada graphic organizer polaulat(menanya).
3. Siswamengerjakanlatihanberdasarkan data pada graphic organizer polaulat (menalar).
4. Siswamemecahkanmasalahsehari-haritentangsatuanpanjang(menalar).
5. Siswamenyajikanpenyelesaianmasalahsehari-haritentangpanjang(mencoba).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar