Kamis, 09 Januari 2020

T5 Subtema1 PB5

Kamis, 9 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

Subtema: I / Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran: 5

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

 

PKn

3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
3. Dengan mengamati teks “Burung Kutilang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
4. Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat  mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.
6. Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
8. Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul “Burung Kutilang”

(mengamati). Guru dapat menyajikan puisi dengan mempertontonkan

video pembacaan puisi atau menggunakan media audio pembacaan puisi.

• Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).

Ayo Berlatih

• Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).

• Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).

• Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku

(mengomunikasikan).

• Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).

Ayo Berdiskusi

• Siswa menentukan makna kata yang terdapat di dalam teks puisi yangdidengarnya (menalar).

• Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).

• Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan(mencoba).

• Siswa mencari kata di dalam kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi(mencoba).

• Siswa melakukannya secara berkelompok (mencoba).

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi

tentang “Burung Kutilang”.

Dengarkan dengan penuh konsentrasi!

Burung Kutilang

Di pucuk pohon cemara

Burung kutilang berbunyi

Bersiul-siul sepanjang hari

Dengan tak jemu-jemu

Mengangguk-angguk sambil berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li

Sambil berloncat-loncatan

Paruhnya selalu terbuka

Digeleng-gelengkan kepalanya

Menentang langit biru

Tandanya suka ia berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li

 

Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan

gurumu.

Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!

Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: ........................................................

 

Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman

yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.

Kerjakan pada kolom berikut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar