Rabu, 08 Januari 2020

T5 Subtema1 PB4

Rabu, 8 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

Subtema: I / Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran: 4

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

 

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

 

SBdP

3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.
3. Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
4. Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Lihat Kebunku” dengan benar.
5. Dengan menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
6. Dengan menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
7. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.
8. Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
9. Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
10. Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks

(mengamati).

• Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya

(mengamati).

• Siswa membaca teks pada balon percakapan yang membahas tentang

perbedaan antara puisi dengan yang bukan puisi (mengamati).

• Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).

• Siswa diarahkan untuk mendengarkan pembacaan puisi (mengamati).

Ayo Berdiskusi

• Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).

• Siswa berdiskusi dengan menentukan makna kata (mengomunikasikan).

• Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami

(mengomunikasikan).

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

 

Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?

Pahami kata-kata dalam puisi. Sebutkan kata-kata

yang belum diketahui artinya.

 

Diskusikan kata-kata berikut bersama temanmu!

Tuliskan maknanya.

 

 

 

Baca lagi puisi di atas!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?

Jawab: ................................................................

2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!

Jawab: ................................................................

3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?

Jawab: ................................................................

4. Bagaimana cara merawat taman?

Jawab: ................................................................

5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!

Jawab: ................................................................

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar