Rabu, 02 Oktober 2019

Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4&5

Hari/ TanggalRabu2 Oktober 2019

Kelas: 2

Tema / Subtema: 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)

Pembelajaran: 4 dan 5

 

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonsia

3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

 

PPKn

3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.

4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

 

Matematika

3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan,

siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di

sekolah.

2. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa

menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.

3. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa

menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di

sekolah.

4. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang

disajikan, siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan

agama.

5. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang

disajikan, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah

berdasarkan agama.

6. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang

disajikan, siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan

uang.

7. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang

disajikan, siswa dapat mengurutkan harga.

 

 

 

 

Bahasa Indonesia 

 

 

 

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti mengakhiri belajar

kelompok pukul 18.00.

Menjelang pukul 18.00 terdengar suara azan.

Siti minta izin untuk melaksanakan salat.

Edo dan teman-teman mengantar Siti ke musala depan

rumah Dayu.

Mereka menunggu Siti di luar musala.

Edo dan teman-temannya mendukung Siti untuk

beribadah.

Menghormati teman beribadah adalah tugas siswa.

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!

1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu

sebagai umat bergama?

________________________________________________

________________________________________________

2. Mengapa Edo dan teman-temannya mau mengantar

Siti ke musala?

________________________________________________

________________________________________________

3. Bolehkah Edo dan teman-temannya melarang Siti

beribadah?

________________________________________________

________________________________________________

4. Bolehkah Siti mengajak teman-temannya melakukan

ibadahnya?

________________________________________________

________________________________________________

 

PPKn

 

 

 

 

 

 

 

Pembelajaran 5

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonsia

3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

 

PPKn

3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.

4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta

penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar, menangkap,

dan memukul bola.

2. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta

penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar, menangkap,

dan memukul bola.

3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami

isi teks berkaitan dengan permainan rounders.

4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan

kosakata berkaitan dengan permainan rounders.

5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan

makna kosakata berkaitan dengan permainan rounders.

6. Dengan mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami,

menjaga hubungan antarteman, antaragama.

 

Bahasa Indonesia

Edo dan teman-temannya bermain Bola Tangan.

Mereka membentuk 2 kelompok.

Mereka tidak membeda-bedakan teman.

Semua bisa menjadi kelompok Edo.

Mereka tidak membeda-bedakan agama mereka.

Menyayangi teman adalah tugas siswa.

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!

1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu

sebagai umat bergama?

________________________________________________

2. Mengapa Edo dan teman-temannya dapat

bekerjasama?

________________________________________________

 

PPKn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar