28 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas: II
Semester: I
Tema: IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema: II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran: 1 dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat. 2. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3. Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasikoordinasi gerak dengan benar.
4. Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapatmenentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
5. Melalui mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagaikegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah.
2. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di sekolah.
3. Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
4. Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.
5. Menyebutkan sikap agar terwujud persatuan di sekolah.
6. Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan bersatu di sekolah.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
• Gambar dan bentuk bangun datar • Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yangmencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.
Materi Pembelajaran
Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka?
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti mereka?
Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan itu?
Temukanlah makna kata-kata berikut dengan benar!
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Tirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari seperti pada gambar berikut!
Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di bawah!
Dinding gendang membentuk pola segitiga. Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.
Tentukan bangun datar sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!
Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar