Selasa, 01 Oktober 2019

Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2

Hari/ Tanggal: Selasa1 Oktober 2019

Kelas: 2

Tema / Subtema: 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)

Pembelajaran: 2 dan 3

 

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia

3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budayadi lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk.

 

PPKn

3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati gambar permainan bola tangan dan isi teks serta

penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar dan

menangkap bola.

2. Dengan mencermati gambar permainan bola tangan dan isi teks

serta penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar dan

menangkap bola.

3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat

memahami isi teks tentang kehidupan sosial.

4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat

menemukan kosakata.

5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat

menemukan makna kosakata.

6. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami

perbedaan individu berdasarkan agama di sekolah.

7. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan

perbedaan individu berdasarkan agama di sekolah.

 

Bahasa Indonesia

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bermain di sela-sela

waktu belajar kelompok.

Mereka bermain gobak sodor.

Mereka berlari, berusaha menangkap lawan.

Mereka melakukan pemanasan sebelum bermain gobak

sodor.

Mereka bermain pukul 16.30 sampai pukul 17.00.

Di akhir permainan mereka melakukan pendinginan.

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!

Apakah gerakan sebelum dan sesudah melakukan

aktivitas fisik?

__________________________________________________

__________________________________________________

 

 

Matematika

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bermain pukul 16.30

dan selesai pukul 17.00. Mereka bermain di rumah Dayu.

Pukul 16.30 sama dengan pukul 04.30 sore

 

 

 

Berdasarkan keterangan di atas coba kamu lengkapi

tabel berikut!


Bahasa Indonesia

 

3.3 Menentukan kosakata dankonsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

 

PPKn

3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

 

Matematika

3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar “Mengucap Salam” yang disajikan, siswa

mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.

2. Dengan mengamati gambar “Mengucap Salam” yang disajikan, siswa

mampu menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di

sekolah.

3. Dengan mengamati gambar “Mengucap Salam” yang disajikan, siswa

mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya

di sekolah.

4. Dengan mengamati gambar kegiatan “Mengucap Salam” yang disajikan,

siswa dapat membedakan individu berdasarkan agama di sekolah.

5. Dengan mengamati gambar kegiatan “Mengucap Salam” yang disajikan,

siswa dapat mengelompokkan individu berdasarkan agama di sekolah.

6. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat

menentukan pecahan uang.

7. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat

mengurutkan harga barang.

 

Bahasa Indonesia

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti selesai

mengerjakan tugas, tetapi waktu baru menunjukkan

pukul 17.00.

Mereka melanjutkan belajar bercerita, karena besok

setiap kelompok diminta menceritakan hasil tugas

masing-masing.

Mereka bergantian bercerita di depan teman

kelompoknya.

Mereka menghargai teman yang tampil bercerita.

Menghargai teman adalah tugas siswa.

 

 

 

Jawablah pertanyaan di bawah dengan percaya diri!

1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu

sebagai umat beragama?

________________________________________________

2. Apakah agama mereka sama?

________________________________________________

3. Mengapa mereka saling menghormati dan dapat

bekerja sama?

________________________________________________

 

Matematika

SBdP

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar