Kamis,
9 April 2020
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
VIII / Keselamatan
di Rumah dan di Perjalanan
Subtema : I
/ Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib
dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari hari di
lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabnya.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab
pertanyaan berdasarkan
isi teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga dengan tanggungjawab.
2. Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan isi teks permintaan maaf dalam menjaga kerukunan hidupdalam keluarga dengan bahasa yang santun.
3. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan
aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa
yang santun.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membiasakan
diri melaksanakan
aturan di lingkungan keluarga dengan jujur.
5. Dengan menggunakan salah satu alat musik ritmis,
siswadapat mengidentifikasi pola irama rata dengan alat music ritmis dengan teliti.
6. Dengan diiringi alat musik ritmis, siswa dapat
menyanyikan lagu
anak-anak sederhana dengan kata-kata yang bermakna dengan tanggung jawab.
7. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan
oleh jam dengan menggunakan satuan waktu (jam, menit) dengan teliti.
8. Dengan penugasan, siswa dapat menyelesaikan pemecahan masalah yang
berkaitan dengan satuan waktu dengan tanggung jawab.
9. Dengan penugasan, siswa dapat memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu secara teliti.
Materi
Pembelajaran
Bacalah
kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
1.
Naik apa tadi ke sini?
2.
Siapa saja yang diundang Udin?
3.
Pukul berapa acaranya dimulai?
4.
Di mana ibu guru, ya?
5.
Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum saja
dulu?
Kalimat-kalimat
di atas merupakan kalimat tanya. Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya,
bukan?
Kalimat
tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Udin
dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum. Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan
ibadah. Mereka
berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.
Mereka tidak saling memaksakan kehendak. Udin dan
teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun. Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan
dalam keragaman.
Ada
bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?
Sehari
semalam ada 24 jam.
Jadi
dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.
Setelah
pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00. Penulisan
diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12
malam.
TUGAS!
Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!
1.
Apa
...........................................................................
2.
Siapa
........................................................................
3.
4.
5.
Tugas Bahasa Lampung
1. Ubahlah kalimat sinji jadi bahasa lappung sai padu.
Rendang adalah makanan Indonesia yang sudah terkenal di dunia.
2. Api guwai niku Siti ?. Arti dari kalimat tersebut adalah...
3. Ubahlah kalimat sinji jadi bahasa lappung sai padu.
Buanglah sampah pada tempatnya.
4. Pahlawan jak Lappung geghalni Radin Intan. Arti dari kalimat tersebut
adalah...
5. Asih mulang jak Pasagh ngegunako angkutan umum.
Arti kata mulang dari kalimat tersebut adalah...