Jumat, 26 Februari 2021

TEMATIK 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2

  

Kelas : 2

Tema : 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema : 4 Merawat Tumbuhan  

Pembelajaran : 2

KD.                           :  B. Indo (3.7), PKn (3.2)

Good Morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/HHzJVmt6RH8

Tujuan Pembelajaran

 

  1. siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
  2. siswa dapat membaca kalimat Tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat

Video Pembelajaran :

Kemarin kita sudah belajar tentang Kalimat tanya. Kalimat tanya diawali dengan Kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Kata tanya ada 7 yaitu; Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Bagaimana, Mengapa,  Berapa. Setelah itu, kita belajar tentang perbandingan. Ada 3 tanda yaitu; >, <, dan =. Dapat disimak video  dibawah ini.





Ringkasan Materi


 

Halaman sekolah sangat indah. Banyak tanaman hijau terawat. Semua siswa wajib menjaga dan merawat tanaman yang ada. Tanaman tidak boleh dirusak dan diinjak.

 

Ayo Membaca

Merawat tanaman di sekolah adalah hal yang harus dilakukan semua siswa.

Tanaman di halaman sekolah membuat sekolah tampak indah. Tanaman di halaman sekolah jangan diinjak. Jangan pula membuang sampah di halaman sekolah. Jika tanaman diinjak, tanaman akan rusak. Halaman sekolah tidak akan tampak indah lagi. Membuang sampah di halaman sekolah, membuat lingkungan tampak kotor. Membuat lingkungan sekolah bersih dan indah adalah kewajiban semua siswa.

 

jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa saja tata tertib untuk merawat tanaman di sekolahmu!

2. Siapakah yang harus menaati tata tertib tersebut?

3. Apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi tata tertib tersebut?

 

Jawaban:

      1.      Tata tertib merawat tanaman di sekolahku adalah Tanaman di halaman                   sekolah jangan diinjak.

       2.      Yang harus mematuhi tata tertib itu adalah siswa

       3.      Peraturan tersebut harus dipatuhi karena apabila tidak dipatuhi maka   

              lingkungan sekolah akan tampak kotor

 

Ayo Membaca

Bacalah percakapan Lina dan Dayu dengan nada dan intonasi yang tepat.

Lina     : Dayu, bunga matahari yang ku tanam sedang berbunga.

Dayu   : Pasti bagus sekali.! Bolehkah aku datang melihat?

Lina     : Tentu saja boleh. Dayu : Siapa yang merawatnya setiap hari, Lina?

Lina     : Aku dan ibuku bergantian menyiramnya setiap hari.

Dayu   : Dimana kamu menanamnya?

Lina     : Aku menanamnya di halaman belakang rumahku.

Dayu   : Apa saja yang dibutuhkan agar bunga matahari bisa tumbuh?

Lina     : Tanah yang subur, air, sinar matahari, dan pupuk. Kapan kamu mau datang ke rumahku?

Dayu   : Sore ini setelah pulang sekolah.

Lina     : Baiklah, sampai nanti, Dayu.

Awali kalimat tanya dengan kata tanya, dan akhiri dengan tanda tanya.

Tugas:

 Kapan                   Siapa                     Mengapa                             Berapa                  Apa

Lengkapilah kalimat tanya berikut dengan kata tanya yang ada di dalam kotak.

 Jawaban di bawah pertanyaan akan membantu kalian.

1. __________ yang menanam bunga matahari ini?

Jawab: Yang menanam bunga matahari ini adalah ibu Lina.

 2. __________ Lina menyiram tanaman di halaman?

Jawab: Lina menyiram setiap sore.

3. __________ batang bunga matahari yang tumbuh?

Jawab: Ada 4 batang bunga matahari yang tumbuh.

4. __________ yang dibutuhkan agar tanaman bisa tumbuh?

Jawab: Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari.

 5. __________ bunga matahari harus disiram setiap hari?

Jawab: Bunga matahari harus disiram setiap hari agar tidak layu. 


Kamis, 25 Februari 2021

TEMATIK 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1

  

Kelas : 2

Tema : 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema : 4 Merawat Tumbuhan  

Pembelajaran : 1

KD.                           :  B. Indo (3.7), Matematika (3.6), PKn (3.2)

Shobahul khoir anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut ini :

https://youtu.be/pDGI3MHzFMk

Tujuan Pembelajaran:

1.     siswa dapat menemukan penggunaan tanda Tanya dalam kalimat Tanya dengan benar.

2.     siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain dengan benar.  

3.     siswa dapat menentukan bahan yang digunakan pada kreasi tersebut dengan benar.


Kemarin kita sudah mempelajari tema 6 subtema 3 yaitu tumbuhan disekitarku. untuk hari ini kita akan memulai subtema 4 yaitu merawat tumbuhan . 

Video Pembelajaran :

https://youtu.be/flEHdaBHXvQ




Ringkasan Materi










Halaman rumah Siti ditumbuhi berbagai tanaman bunga. Bunga-bunga bermekaran indah sekali. Siti rajin merawat tanaman-tanaman tersebut.

 

Ayo Membaca

Bacalah percakapan berikut .

 Ayah dan Siti sedang merawat tanaman di halaman rumah. Ayah memberi pupuk pada tanaman-tanaman tersebut.

 Siti : Mengapa tanaman harus diberi pupuk, Ayah?

Ayah : Supaya tanaman tumbuh subur. Pupuk mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman.

Siti : Apakah tanaman cukup dipupuk saja, Ayah?

Ayah : Tentu saja tidak. Tanaman juga membutuhkan air. Oleh karena itu, kita harus menyiram tanaman juga.

Siti : Kapan kita harus menyiram tanaman?

Ayah : Setiap hari kita harus menyiram tanaman. Apakah kamu sudah melaksanakan tugasmu menyiram tanaman?

Siti : Baik, Ayah. Aku akan melaksanakan tugasku dengan baik, menyiram tanaman setiap hari.

 

Penulisan kalimat tanya biasa diawali dengan kata tanya. Penulisan kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda tanya (?). Intonasi dalam kalimat tanya berbeda dengan kalimat pemberitahuan.

Coba tuliskan kata tanya lainnya yang kamu ketahui.

Tuliskan satu kata tanya pada satu kotak yang disediakan.

Diskusikan dengan orangtuamu.

Apakah orangtuamu memiliki kata yang sama?

Tanaman memerlukan air dan pupuk agar tumbuh subur.

Ayah mengajak Siti membeli pupuk di toko tanaman.

Di toko tanaman ada pupuk dikemas dalam beberapa ukuran.

Ada ukuran 1 kg, 2 kg, 5 kg, dan 10 kg.

Ayah ingin membeli pupuk sebanyak 20 kg. Di toko tanaman, hanya tersedia satu kemasan 10 kg

Ayo, bantu ayah Siti agar mendapatkan pupuk sebanyak 20 kg

Contoh jawaban:

a.       Pupuk yang harus dibeli Ayah agar terpenuhi kebutuhan 20 kg adalah 1 kemasan 10 kg, 2 kemasan 5 kg.

b.      Pupuk yang harus dibeli ayah agar terpenuhi kebutuhan 20 kg adalah 4 kemasan 5 kg.

Setelah sampai di rumah, pupuk yang dibeli Ayah dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastik yang lebih kecil. Setiap kantong berisi 5 ons pupuk. Ada berapa kantong plastik yang dibutuhkan agar pupuk-pupuk tersebut dapat dipindahkan semua ke dalam kantong plastik?

Jawaban:

Kantong plastik yang dibutuhkan agar 20 kg dapat ditempatkan sama banyak di setiap kantong plastik kemasan 5 ons adalah 40 kantong plastik.

 Cara: 20 kg = 200 ons

          200 : 5 = 40


.

Selain merawat tanaman, ibu Dayu juga suka berkreasi. Kali ini, ibu Dayu berkreasi dengan menggunakan karton bekas tisu gulung.

ibu Dayu akan membuat hiasan vas bunga dari karton bekas tisu gulung.

Alat dan bahan:

1. Karton bekas tisu gulung atau karton berwarna cokelat.

2. Kertas warna

3. Lem kertas

4. Pensil

5. Gunting





 


Cara Membuat:

1. Siapkan karton bekas tisu gulung.

2. Kamu juga dapat membuat gulungan kertas itu dari kertas karton warna cokelat.

3. Hiaslah kertas karton bekas tisu gulung dengan hiasan dari kertas warna.

4. Buatlah gambar pada kertas warna sesuai keinginanmu.

5. Guntinglah gambar hiasanmu itu. Hati-hati menggunakan gunting.

6. Tempelkan hiasan dari kertas warna itu pada karton bekas tisu gulung.

 


Tugas

Jawablah pertanyaan dibawah ini

1.     1.  Tuliskan 2 kalimat tanya yang kamu ketahui ?

2.       2. Buatlah kalimat tanya dengan kata “Siapa” ?

(No. 3-5 )Tulislah tanda yang tepat untuk membandingkan berat benda dibawah ini (>, < atau =)

3.     3.  4 kg  .....  40ons

4.      4. 5ons + 5 ons  ...... 2 kg

5.      5. 200gram+ 200gram ..... 1 kg






Rabu, 24 Februari 2021

TEMATIK 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5&6

  

Kelas : 2

Tema : 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema : 3 Merawat Tumbuhan di Sekitarku

Pembelajaran : 5 & 6

KD.                           :  B. Indo (3.7), Matematika (3.6), PKn (3.2)

Shobahul khoir anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut ini :

https://youtu.be/BxaUrM2u8Ww

  1. Siswa dapat mengelompokkan aturan yang berlaku pada kegiatan di sekolah dengan benar.
  2. Siswa dapat menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat.
  3. Siswa dapat memperbaiki teks huruf tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda titik dengan benar 
  4. Siswa dapat menyelesaikan persoalan, siswa dapat menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).

Video pembelajaran:

https://youtu.be/DZGkJomEntA


Video pembelajaran:

https://youtu.be/DksC1yTMcS0

 

Materi Ajar:

Ayo membaca

Merawat Tanaman di Sekitar Sekolah

Di depan kelas terdapat pot-pot tanaman bunga. Semua siswa diwajibkan merawat tanaman

tersebut. Setiap hari tanaman disiram. Siswa yang bertugas piket harus menyiram  tanaman tersebut.

Siswa  harus menjaga tanaman agar tidak rusak. Ketika bermain, siswa harus berhati-hati agar pot

bunga tidak pecah. Misalnya, tidak bermain bola di sekitar pot-pot bunga. Hal itu untuk menjaga agar bola tidak mengenai pot bunga.

 

Tuliskan percakapan di bawah ini menggunakan

huruf tegak bersambung!

Lani :  Hari ini aku mendapat tugas piket kelas.

Udin :  Sama, Lani. Aku juga piket hari ini.

Lani :  Setelah menyapu lantai kelas, kita menyiram

tanaman di depan kelas.

Udin :  Tentu, Lani. Kita tidak boleh lupa menyiram

tanaman.


         

Amatilah lingkungan sekitar rumahmu!

Apakah terdapat tanaman di sekitar mu?

Ceritakan bagaimana peran kamu dalam merawat

Tuliskan ceritamu dengan menggunakan huruf

tegak bersambung.

Amatilah gambar di atas!

Apa yang bisa kamu ceritakan dari gambar tersebut?

jawaban mengamati gambar diatas :

Lani dan teman-temannya memiliki semangat  kerja sama yang tinggi. Mereka bekerja sama merawat tanaman di sekitar sekolah. Setiap siswa mempunyai tugas menyiram tanaman secara bergiliran. Jika ada siswa yang membutuhkan bantuan, siswa yang lain membantu.

Tugas : 

1.Mengerjakan modul Tematik halaman 40 untuk PKn, halaman 41 untuk matematika, menulis tegak bersambung Lalisba halaman 14 untuk Bahasa Indonesia. Langsung dikerjakan di buku modulnya.