Jumat, 31 Januari 2020

T5 Subtema4 PB6

Jumat31 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

SubtemaIV / Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran: 6

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

 

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

 

PPKn

3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar berbagai contoh sikap sesuai sila Pancasila,siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengansila kelima Pancasila dengan tepat.

2. Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat menceritakan tentangpengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kelima di rumahdengan benar.

3. Dengan mengamati gambar meminta tolong, siswa dapat menuliskalimat/ungkapan permintaan tolong dengan benar.

4. Dengan menulis kalimat/ungkapan permintaan tolong, siswa dapatbermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata“tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.

5. Dengan mengamati contoh soal cerita, siswa dapat memecahkanmasalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.

6. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. SiswabertanyajawabtentangTuguKhatulistiwa (menanya).
2. SiswamengamatigambarBenisedanggotongroyong (mengamati).

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

 

1. Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
2. Siswamembuatpertanyaanmenggunakan kata tanyaapa, siapa, di mana, kapan, mengapa, danbagaimana (menanya).
3. Siswadiberikesempatanuntukmenjawabpertanyaantemannya(menalar).
4. Siswamenukarkanpertanyaan yang dibuatdengantemansebangkunya(mencoba).
5. Siswasalingmenjawabpertanyaan yang dibuattemannya (menalar). Siswabersamabimbingan guru menentukanjawaban yang benar(menalar).

 

1. Siswamengamatiberbagaigambar yang berkaitandengancontohperilaku yang sesuaidengansilakelimaPancasila (mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
3. Siswamenentukansikap yang patutditiru (menalar).
4. Siswamenunjukkancontohperilaku di rumah yang sesuaidengansilakelimaPancasila (mencoba).

1. SiswamengamatitekspercakapanantaraBenidanSiti (mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentangpengalamanmerekaberkaitandenganperilaku yang pernahditerapkandalamkehidupansehari-hariterutamasilakelimaPancasila (menanya).
3. Siswamenceritakantentangpengalamanmenerapkannilai-nilaiPancasilasilakelima di rumah (mengomunikasikan).

1. Siswamenuliskalimatpermintaantolong (mencoba).
2. Siswamenulismenggunakankalimat yang sopan (mencoba).
3. Siswasalingmemeriksapekerjaantemannya (mencoba).
4. Siswamemperbaikikesalahanpenggunaanejaandalampenulisankalimatpermintaantolong (mencoba).

Kamis, 30 Januari 2020

T5 Subtema4 PB5

Kamis30 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

SubtemaIV / Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran: 5

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mence rmati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

 

PPKn

3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku dirumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.

2. Dengan menulis contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan silakeempat Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalamanmenerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah dengan benar.

3. Dengan mengamati gambar variasi gerak mendarat, siswa dapatmenjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai denganbenar.

4. Dengan menjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senamlantai, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak mendarat dalamaktivitas senam lantai dengan benar.

5. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menjelaskanmakna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapanmenggunakan bahasa sendiri dengan benar.

6. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat bermain perandalam melatih ungkapan menggunakan menggunakan kata “tolong”untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. SiswamengamatigambarPulau Raja Ampat (mengamati).
2. SiswabertanyajawabtentanggambarPulau Raja Ampat (menanya).
3. SiswamembuatpertanyaanberkaitandengangambarPulau Raja Ampat(menanya).
4. Siswamenukarkanpertanyaan yang dibuatdengantemansebangkunya(menanya).
5. Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
6. Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya (menalar).

 

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

 

1. Siswabertanyajawabtentangperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila (menanya).
2. Siswaberdiskusimenentukanperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila (mengomunikasikan).
3. Siswamenunjukkancontohperilaku di rumah yang sesuaidengansilakeempatPancasila (mencoba).
4. Siswamenuliskan di dalamgrafik organizer polagantungan yang sudahdisediakan (mencoba).

 

1. SiswamengamatigambarBenimenceritakanpengalamannyamenerapkanperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila(mengamati).
2. Siswamenceritakanpengalamannyadalammenerapkansikap yangsesuaidengansilakeempatPancasila (mengomunikasikan).
3. Siswamenceritakantentangpengalamanmenerapkannilai-nilaiPancasilasilakeempat di rumah (mengomunikasikan).

1. SiswamengamatigambarBenilombamendaratantaranak-anak(mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentanggerakan yang dilakukanolehBenibersamateman-temannya (menanya).
3. Siswamengamatigambarvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mengamati).
4. Siswamenjelaskanvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mengomunikasikan).
5. Siswamempraktikkanvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mencoba).

1. Siswabertanyajawabtentangmaknaungkapanmemintamaaf(menanya).
2. Siswaberdiskusitentangmaknaungkapanmemintamaaf(mengomunikasikan)
3. Siswamenulishasildiskusinyapadakolom yang sudahdisediakan(mencoba).

Rabu, 29 Januari 2020

T5 Subtema4 PB4

Rabu29 Januari 2020

MATERI AJAR

Kelas: II

Semester: II

Tema: V / Pengalamanku

SubtemaIV / Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran: 4 

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

 

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

 

SBdP

3.4 Mengenal pengolahan bahanalam dan buatan dalamberkarya.

 

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan tekspercakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong dengan baik.
2. Dengan membuat teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalammelatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukundalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati data panjang kain, siswa dapat memecahkanmasalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
4. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.
5. Dengan mengamati teks percakapan antara Mei dan Beni, siswa dapatmengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.
6. Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasandengan bahan buatan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. SiswamengamatigambarCandi Borobudur (mengamati).
2. SiswamengamatigambarBenisedangmemintatolongkepadapengunjung lain untukdifoto (mengamati).
3. SiswamengamatiaktivitasBeni yang terdapat di dalamfotomengamati).

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema V Pengalamnku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

 

Materi Pembelajaran

 

1. Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
2. Siswabertanyamenggunakan kata tanyaapa, siapa, di mana, kapan,mengapa, danbagaimana (menanya).
3. Siswamenulispertanyaannyapadakolom yang sudahdisediakan(menanya).
4. Siswadiberikesempatanuntukmenjawabpertanyaantemannya(menalar).
5. Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
6. Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya(menalar).

 

1. Siswamendengarkantekspercakapan yang dibacakanolehguru(mengamati).
2. Siswamendengarkantekspercakapan yang berhubungandenganbudayamemintatolong (mengamati).

3. Siswamenjawabpertanyaanberdasarkantekspercakapan yangdidengarnya (mengamati).

1. SiswamengamatigambarBenimemintatolongkepadaanak-anaklainnya yang mengunjungicandi (mengamati).
2. Siswamembacatekspadabalonceritadalamgambar yang diamati(mengamati).
3. Siswamencobakancaramemintatolongmenggunakanbahasa yangsopan di depankelas (mencoba).
4. Siswabermainperandalammelatihungkapandenganmenggunakankata “tolong” untukhiduprukundalamkemajemukan (mencoba).

1. Siswamengamati graphic organizer polaulat yang berisitentang datapanjangkain yang dimilikisiswa (mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentang data pada graphic organizer polaulat(menanya).
3. Siswamengerjakanlatihanberdasarkan data pada graphic organizer polaulat (menalar).
4. Siswamemecahkanmasalahsehari-haritentangsatuanpanjang(menalar).
5. Siswamenyajikanpenyelesaianmasalahsehari-haritentangpanjang(mencoba).