Kamis, 17 September 2020

TEMATIK 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2

 

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran

Tema 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU

Sub 4 BERMAIN DI TEMPAT WISATA

 

PEMBELAJARAN 2

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mendengarkan teks bacaan tentang “Istana Pasir” di video pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan percaya diri.

 

Media dan Alat Pembelajaran

Teks cerita

 

RINGKASAN MATERI

Materi Aturan di tempat wisata

https://www.youtube.com/watch?v=cdDHO_BYUsw

Materi Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 2

https://www.youtube.com/watch?v=PkkcJSATFEo


TUGAS :

1.      Buatlah 5 buah pertanyan menggunakan kata Tanya yang telah kalian pelajari sebelumnya. Pastikan pertanyaan yang kalian buat ada jawabannya pada teks dibawah ya!





Rabu, 16 September 2020

TEMATIK 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1

 

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran

Tema 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU

Sub 4 BERMAIN DI TEMPAT WISATA

 

PEMBELAJARAN 1

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan mengerjakan soal latihan tentang pembagian, Peserta didik dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.

2.      Dengan melengkapi teks percakapan yang masih kosong, Peserta didik dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan cermat.

Media dan Alat Pembelajaran

RINGKASAN MATERI

Materi Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 1

https://www.youtube.com/watch?v=w8sx5rK9Y-E

 

Bahasa Indonesia

Ada 7 kata yang termasuk ke dalam kelompok kata tanya, yakni

APA, fungsinya adalah untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun perbuatan.

SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU suatu kejadian.

KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU berlangsungnya suatu kerjadian.

(di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT atau LOKASI.

MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN atau PENYEBAB suatu peristiwa.

BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan PROSES atau CARA.

BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA, atau SATUAN.

 

Matematika

Contoh 1:

Tante Beni membeli tujuh gulung benang. Sampai di rumah, benang tersebut akan dibagikan kepada Beni. Berapa gulung benang yang diperoleh Beni?

Karena Tante Beni ingin memberikan 7 gulung benang kepada Beni.

Beni itu seorang sehingga,


1 nya ada 7 kali jadi, 7 : 1 = 7

 

Contoh 2:

Ayah Beni memiliki dua pelampung.  Ayah Beni membagikannya kepada dua kakak sepupu Beni.  Berapa banyak pelampung yang diperoleh masing-masing kakak sepupu Beni?

Karena Ayah Beni memiliki 2 pelampung lalu, Ayah Beni memberikan kepada 2 kakak sepupu nya sehingga ditulis:

2 pelampung :  2 kakak sepupu  =……

Menggunakan, Pengurangan berulang




TUGAS :

1.      Ibu membeli 5 kue donat di Pasar. Kue donat tersebut diberikan kepada Dayu untuk bekal nya saat berwisata. Berapa kue donat yang diperoleh Dayu?

 

2.      Siti memiliki 4 buah pita. Pita tersebut akan diberikan kepada empat orang adiknya. Berapa banyak Pita yang diperoleh tiap masing-masing adik Siti?

Selasa, 15 September 2020

BAHASA LAMPUNG

Assalamualaikum ananda 2A, berikut materi Bahasa Lampung untuk hari ini silahkan dicatat di buku.

Tugas :

Anak Huruf yang Letaknya di samping.



PENILAIAN HARIAN TEMA 2 SUBTEMA 3

Assalamu'alaikum wr.wb

Hari ini (Selasa, 15 September 2020) kita akan melakukan Penilaian Harian Tema 2 Subtema 3 dengan menjawab soal pada Google Form. Berikut Linknya :

https://bit.ly/3mgxWI2


Kerjakan dengan seksama dan awali dengan Bismillah. Selamat Mengerjakan Ananda dan semoga sukses😊

Terimakasih atas kerjasama nya Ayah dan Bunda.

Wa'alaikumussalam wr.wb

Senin, 14 September 2020

TEMATIK 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

 

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran

Tema 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU

Sub 3 BERMAIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

 

PEMBELAJARAN 6

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek yang dibacakan dengan tepat.

2.      Peserta didik dapat mensimulasikan kegiatan sesuai tata tertib yang berlaku di sekolah dengan percaya diri.

Media dan Alat Pembelajaran

RINGKASAN MATERI

Materi Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6

https://www.youtube.com/watch?v=vYsWtiA0Ioo&t=50s


TUGAS:

1.      Buatlah kalimat dari kata berikut (berbeda dari video pembelajaran)!

a.       Penalti =

b.      Tim =

 

2.      Dari gambar berikut, manakah yang sesuai dengan aturan di sekolah? Berikan tanda centang (√) untuk yang sesuai dengan aturan di sekolah!





Jumat, 11 September 2020

TEMATIK 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4&5

 

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran

Tema 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU

Sub 3 BERMAIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

 

PEMBELAJARAN 4&5

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan cermat.

2.      Peserta didik dapat menghitung hasil bagi dua bilangan melibatkan bilangan  cacah sampai dengan 100 dengan cermat.

Media dan Alat Pembelajaran



RINGKASAN MATERI

Materi Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4

https://www.youtube.com/watch?v=HLgS9rkIbM0&t=21s

Materi Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5

https://www.youtube.com/watch?v=_UTjiSR23Ts

 

TUGAS:

1.      Kerjakan dengan cermat! Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!

12 : 4 = …..  karena   …… X ……  =  …….

16 : 4 = …..  karena   …… X ……  =  …….

2.      Warnailah atribut sekolah ini dengan rapi di buku gambarmu ya.



Kamis, 10 September 2020

TEMATIK 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran

Tema 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU

Sub 3 BERMAIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

 

PEMBELAJARAN 3

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dalam teks pendek yang dibacakan, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dalam teks pendek yang dibacakan dengan percaya diri.

2.      Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.

3.      menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.

Media dan Alat Pembelajaran

Ø  Gambar tentang bermain tenis meja.

Ø  Gambar percakapan Lani dan Mey.

Silahkan dapat menyimak video pembelajaran tema 2 subtema 3 pembelajaran 3 dibawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=glTQnOYdR7c

Bahasa Indonesia

Kosakata berkaitan dengan keragaman benda



Matematika

Pembagian (Pengurangan berulang)

 

Dari percakapan diatas diketahui Bahwa Beni memiliki skor sebanyak 45 poin yang telah melalui 

Jadi, dari Skor yang Beni dapatkan yaitu sebanyak 45 poin dibagi 3 babak.

Bentuk pembagiannya 45:3  dan bentuk pengurangan berulang sampai hasilnya 0 menjadi


SBdP

Karya Seni

Dalam membuat Karya Seni tentunya harus memiliki Alat dan Bahan. Masih ingatkah kalian Alat bahan yang harus diiliki saat akan mengerjakan karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi?

 

TUGAS:

1. Buatlah kalimat dari kata “Tribun” sesuai dengan makna yang terdapat pada video pembelajaran!

2.  Coba kerjakan pembagian dibawah ini menggunakan cara pengurangan berulang.