Senin, 16 November 2020

TEMATIK 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1&2

 Tema : 4 Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 2 Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran : 1 & 2

Assalamualaikum sholih sholiha 2A how are you today? semoga sll dalam lindungan Allaah swt. aamiin🤗

Sebelum belajar, jangan lupa dengarkan tausyiah, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surah dan doa ya Nak. 


Tujuan Pembelajaran

1.Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.

2.Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.

3.Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

4.Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

5.Melalui mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.



Video Pembelajaran 2





Tugas :
Kerjakan soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang kamu anggap paling tepat!
Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa..

1.Manfaat hidup bersih dan sehat di sekolah adalah ....
a. suasana belajar menjadi nyaman
b. terdapat bau yang tidak sedap
c. mudah terserang pemyakit

2.Menjaga kebersihan kelas adalah tanggung jawab ....
a. ketua kelas
b. wali kelas
c. semua warga kelas

3.Lantai kelasmu kotor. Oleh karena itu, kamu harus membersihkannya menggunakan ....
a. sapu
b. kemoceng
c. pengki

4.Bangun datar yang memiliki 3 titik sudut adalah ....



5.Anggota tubuh yang ikut bergerak pada tarian menyapu lantai adalah ....
a. kepala, tangan, kaki
b. kepala dan kaki
c. tangan dan kaki

Jumat, 13 November 2020

TEMATIK 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5&6

Tema : 4 Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 1 Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pembelajaran : 5 dan 6

Assalamualaikum sholih sholiha 2A how are you today?🤗

Sebelum belajar, jangan lupa dengarkan tausyiah, sholat dhuha dan murojaah surah dan doa ya nak. 


Tujuan Pembelajaran

1.Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat.

2.Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman secara isi teks yang telah dibaca secara benar.

3.Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat dari hidup tidak bersatu dalam keberagaman di rumah secara benar.

4.Dengan mengamati gambar atau benda-benda di sekitar, siswa dapat menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara tepat.

5.Dengan berpedoman pada ciri bangun datar, siswa dapat mengelompokkan benda di sekitar yang termasuk bangun datar secara benar.






Kamis, 12 November 2020

TEMATIK 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4

Tema : 4 Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 1 Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pembelajaran : 3 & 4

Assalamualaikum sholih sholiha 2A how are you today? semoga selalu sehat dan dilindungi Allah swt.🤲🏻

Sebelum belajar, jangan lupa dengarkan tausyiah, sholat dhuha dan murojaah surah dan doa ya nak. 


Tujuan Pembelajaran

1.Dengan mendengarkan contoh, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar.

2.Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat dengan bahasa tulis secara tepat.

3.Dengan mengamati gambar atau benda-benda di sekitar, siswa dapat mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.

4.Dengan mengamati bentuk bangun datar, siswa dapat menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.

5.Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat.


Video Pembelajaran 4








Tugas :

1. Banyak ruas garis pada bangun datar berikut adalah ....
a. 3
b. 4
c. 5

2. Titik sudut bangun datar di bawah ini adalah ....

a. 8
b. 10
c. 12

3. Kumuh artinya ....
a. bersih
b. kotor
c. rapi

4.

Tanda di atas berarti lagu dinyanyikan ....
a. lembut
b. keras
c. sedang

5.Lagu Membuang Sampah diciptakan oleh ....
a. Pak Kasur
b. Ibu Sud
c. A.T Mahmud

Rabu, 11 November 2020

TEMATIK 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1&2

Tema : 4 Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 1 Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pembelajaran : 1 & 2

Assalamualaikum Ananda sholih sholiha kelas 2A how are you today? semoga selalu sehat dan senantiasa dilindungi Allaah swt. aamiin🤗🤲🏻

Sebelum belajar, jangan lupa dengarkan tausyiah, sholat dhuha dan murojaah surah dan doa ya nak. 

Hari ini kita akan belajar tematik 4 Subtema 1. silahkan siapkan buku tematik 4 nya dan kita mulai belajar ya💪🏻


Tujuan Pembelajaran :

1.Dengan mendengarkan contoh dari video, siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.

2.Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara rinci.

3.Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar.

Video Pembelajaran

Pembelajaran 1

https://www.youtube.com/watch?v=HqO89xn9puc

Pembelajaran 2

https://www.youtube.com/watch?v=0KTqfkMXb3s








Tugas :

Kerjakan soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1.Manfaat hidup bersih dan sehat di rumah adalah ....

a. terhindar dari penyakit

b. lingkungan menjadi kotor

c. rumah teras tidak nyaman

2.Menjaga kebersihan rumah adalah tanggung jawab ....

a. anak

b. orangtua

c. semua anggota keluarga

3.Ciri-ciri rumah yang sehat adalah ....

a. banyak debu di lantai

b. rumah tertata dengan rapi

c. banyak sampah berserakan

4.Akibat yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dalam keluarga adalah ....

a. keluarga hidup dengan bahagia

b. rumah menjadi tentram

c. anggota keluarga sering bertengkar

 5. 


Nama bangun datar di atas adalah ....

a. Segitiga

b. Segiempat

c. Segilima



Selasa, 10 November 2020

PENILAIAN HARIAN TEMATIK 3 SUBTEMA 4

Assalamu’alaikum wr.wb Semangat Pagi 😊💪🏻 Ananda sholih sholiha kelas 2A yang Ibu sayangi dan banggakan


Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian Tema 3 Subtema 4, jangan lupa berdoa ya nak agar mendapat nilai yang bagus🤗

Silahkan klik link berikut untuk mulai mengerjakan Penilaian Harian Tema 3 Subtema 4 :

https://bit.ly/3p6vu8B

Senin, 09 November 2020

TEMATIK 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5&6

Tema : 3 Tugasku Sehari-Hari

Subtema : 4 Tugasku dalam Kegiatan Sosial

Pembelajaran : 5 & 6

Assalamualaikum sholih sholihah 2A How are you today?😊

Sebelum belajar, jangan lupa dengarkan tausyiah, sholat dhuha, murojaah surah dan doa ya nak. 


Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan melakukan kegiatan menyantuni anak yatim, siswa mampu memahami kehidupan sosial.

2. Dengan mengamati gambar teks dan isi teks, siswa dapat menaksir beberapa pecahan uang.

3. Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu memahami prakarya dari bahan buatan.

Ringkasan Materi

Video Pembelajaran 5

https://www.youtube.com/watch?v=EHkFh9_ROt4

Video Pembelajaran 6

https://www.youtube.com/watch?v=rhRmBuOqPbo




Tugas

1. Buatlah kalimat dari kata berikut! 

a. Anak yatim

b. Berkunjung

c. Pandai

2. Siti dan Ali membelanjakan uang mereka. Coba kalian tentukan kemungkinan pecahan uang kembalian yang mereka terima! 

a. Siti mendapat uang dari nenek sebesar Rp5.000,00. Siti membeli pensil seharga Rp2.000,00. 

b. Ali mendapat uang dari nenek sebesar Rp5.000,00. Ali membeli penghapus seharga Rp1.000,00

Jumat, 06 November 2020

TEMATIK 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3&4

Tema : 3 Tugasku Sehari-Hari

Subtema : 4 Tugasku dalam Kegiatan Sosial

Pembelajaran : 3 & 4

Assalamualaikum wr.wb Selamat Pagi Semangat Pagi Ananda sholih sholiha kelas 2A😊 kaifa haluka? bi khori Alhamdulillah

Sebelum belajar, jangan lupa dengarkan tausyiah, sholat dhuha dan murojaah surah doa ya nak.

Sekarang kita akan belajar Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 3&4. 


Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan dongeng, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.

2.Dengan mengamati isi teks dan penugasan guru, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.

3. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat menaksir harga barang.

Materi Ajar
Video Pembelajaran 3
Video Pembelajaran 4

Permainan anak-anak
permainan adalah perbuatan untuk menghibur hati baik yang mempergunakan alat ataupun tidak mempergunakan alat. Permainan dapat dibedakan menjadi dua yaitu permainan tradisional dan permainan modern. Permainan tradisional adalah segala perbuatan baik mempergunakan alat atau tidak, yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang, sebagai sarana hiburan atau untuk menyenangkan hati. Sedangkan permainan modern merupakan permainan yang dilakukan dengan mengunakan alat-alat teknologi yang sudah berkembang dimasyarakat dan dimainkan kurang lebih dua orang, bahkan bisa dilakukan sendirian tanpa adanya teman bermain misalnya play station dangame on-line.
Contoh permainan yang biasanya dilakukan anak-anak di lingkungan rumah maupun sekolah.