Rabu, 24 Maret 2021

TEMATIK 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

  

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 2 Kebersamaan di Sekolah

Pembelajaran : 2

Kode KD.                 : B.indo (3.8) Matematika (3.7) SBdP (3.3)

Good Morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Kemarin kita sudah belajar tentang pecahan ya Nak. Bahwa pecahan itu suatu nilai yang sama besar. Bilangan yang letaknya diatas disebut pembilang, sedangkan Bilangan yang letaknya dibawah disebut penyebut.



Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/tvHAqQLsl_E

Tujuan Pembelajaran

      1.      siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di sekolah.

      2.       siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin  di sekolah.

      3.       siswa dapat memahami isi teks dongeng.

      4.      siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan  kehidupan sehari-hari.

Video Pembelajaran

https://youtu.be/nNL1ngtP4ug

Ringkasan Materi

Berikut ini adalah nama-nama teman Siti. Coba kamu bentuk kelompok sesuai dengan jenis kelaminnya!


Jawaban:

Siswa mengelompokkan teman-teman di kelas sesuai jenis kelaminnya.

Kelompok Putra: 1. Edo 2. Beni  3. Budi  4. Aldo  5. Reno

 Kelompok Putri: 1. Siti  2. Dayu  3. Lani  4. Ita  5. Ayu

 

Setelah melakukan kegiatan olahraga, Siti dan teman-temannya membaca dongeng di buku mereka.

(cerita dapat dibaca di BUKU TEMATIK HALAMAN 73-75)

 



Tugas :

Berdasarkan dongeng di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah yang sering bangun pagi? ____________________________________________

2. Siapakah yang malas bangun pagi? ___________________________________________

3. Apa yang dilakukan Kiki ketika bangun pagi? ____________________________________

4. Apa akibat dari tidak bangun pagi? ____________________________________________

5. 5. Sebutkan manfaat dari bangun pagi! __________________________________________



Selasa, 23 Maret 2021

BAHASA LAMPUNG

Assalamu’alaikum wr.wb pembelajaran yang lalu Anak2 kelas 2A sudah mengenal dan memahami teks bacaan tentang hewan dan tumbuhan. Nah kali ini coba Anak2 semua ubah nama-nama hewan dan tumbuhan dibawah ini kedalam bahasa lampung. Tulis tugas ini di buku latihan bahasa lampungmu yaa...

Tuliskan kata-kata dibawah ini kedalam Bahasa Lampung

1. Ayam

2. Kancil

3. Ikan

4. Pisang

5. Durian

TEMATIK 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

  

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 2 Kebersamaan di Sekolah

Pembelajaran : 1

Kode KD.                 :  PKn (3.3) B.indo (3.8) SBdP (3.2)


Good Morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/rJQkc5vj7Rg

Tujuan Pembelajaran

      1.   Dengan menceritakan kembali dongeng, siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan 

             hidup rukun dengan jujur.

      2.   siswa dapat memahami pecahan merupakan bagian dari keseluruhan dengan tepat.

      3.   siswa mampu mengidentifikasi arah gerak tangan , kepala dan kaki dengan percaya diri.

tepat.

      3.   siswa mampu mengidentifikasi arah gerak tangan , kepala dan kaki dengan percaya diri.

8.    

Video Pembelajaran

https://youtu.be/bB-B7oz0Nu0

Ringkasan Materi

 

Kebersamaan di sekolah

 




Siti adalah siswa kelas 2 SDN Nusantara 01. Siswa-siswi kelas 2 hidup rukun. Mereka setiap hari belajar di sekolah bersama. Teman Siti di sekolah berasal dari berbagai daerah. Teman Siti berasal dari beragam suku. Mereka juga menganut beragam agama. Mereka belajar dengan giat dan rukun. Siswa kelas 2 dapat hidup bersama.

Upacara Bendera


 

Setiap hari Senin SDN Nusantara 01 melaksanakan upacara bendera. Siswa berbaris sesuai kelas masing-masing. Kelas dua berbaris satu barisan dipimpin seorang siswa. Siti menjadi pimpinan barisan.

Siti dan teman-temannya sangat senang mengikuti upacara bendera. Seusai kegiatan upacara bendera, ibu guru akan menyampaikan cerita. Ibu guru akan mendongeng. Siti dan teman-temannya bergegas masuk kelas.

Simak dan dengarkan dongeng yang akan disampaikan guru! Ayo, baca cerita fabel “Ikan dan Burung”!

Ikan dan Burung



Ikan dan Burung Di sebuah hutan, hiduplah dua binatang yang saling bersahabat. Binatang itu adalah Burung dan Ikan. Keduanya sangat dekat dan selalu saling membantu. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang mengubah mereka.

Ketika itu, Ikan sedang beristirahat di pinggiran sungai. Ia memandangi biji-bijian di pohon tepat di atasnya. “Kelihatannya biji-bijian itu enak dimakan,” kata Ikan dalam hati. Ia lalu berusaha meloncat setinggi-tingginya untuk mendapatkannya. Berkali-kali ia meloncat, namun tidak berhasil mencapai biji-bijian itu. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu. Saat sedang memandangi biji-bijian itu, perhatiannya teralihkan oleh seekor Burung yang berterbangan ke sanakemari. “Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku sayap untuk terbang agar aku bisa meraih biji-bijian itu?“ kata si Ikan dalam hati.

Kita tinggalkan si Ikan dan beralih ke Burung. Setelah beterbangan, Burung lalu hinggap di salah satu dahan pohon di pinggir sungai untuk beristirahat. Saat itu ia melihat ke air. Di dasar air sungai itu ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan. “Kelihatannya cacing-cacing itu enak dimakan,” Kata Burung dalam hati. Ia lalu berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam dan menangkap cacing-cacing itu. Namun, ia tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang. Ia hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Saat sedang memandangi cacing-cacing di dalam air, perhatiannya teralihkan pada Ikan yang sedang berenang di dalam air. “Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku ekor dan sirip untuk berenang agar aku bisa meraih cacing-cacing dalam air itu?” kata si Burung dalam hati. Akhirnya Ikan dan Burung saling tahu kesulitan masing-masing.

Berkalikali si Ikan melihat Burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacingDemikian pun si Burung berkali-kali melihat Ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian. Lalu mereka berkenalan. “Hei Ikan, apakah kau menginginkan biji-bijian ini?” kata Burung. “Benar, tetapi aku tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbang mendapatkan biji-bijian itu,” jawab si Ikan. “Aku juga menginginkan cacing di dasar sungai, tetapi aku tidak punya sirip sepertimu sehingga tidak bisa mendapatkan cacing-cacing itu,” balas si Burung. “Bagaimana jika kau membantuku mengambil biji-bijian itu dan aku akan membantumu mendapatkan cacing-cacing di dasar sungai,” ajak si Ikan. “Wow ide bagus, aku setuju,” sahut si Burung. Akhirnya, Ikan dan Burung menjadi sahabat dan saling membantu.

Membuat Kartu Pecahan Siti dan teman-teman diberi tugas membuat kartu pecahan.

Masing-masing siswa membuat tiga kartu pecahan.

Siti membuat pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

 

hJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.   Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!

 Banyak bangun di atas adalah 2

Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/2

 

2.   Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut! 


Banyak bangun di atas adalah 3

Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/3

 

3.       Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!



Banyak bangun tersebut adalah 4

Bangun warna biru dapat dinyatakan pecahan 1/4


TUGAS :

Kerjakan soal di bawah ini

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

     1.       Upacara bendera disekolah biasanya dilaksanakan pada hari ....

     2.       Pesan moral yang didapatkan dari cerita fabel “ikan dan burung “ adalah...

      untuk nomor (3-5) Pilihlah pecahan berikut sesuai gambarnya dengan memberi tanda ceklis (Tanda centang, Wingdings font, kode karakter 252 desimal.)






Senin, 22 Maret 2021

PTS TIK

     



Link Tausiah hari ini :

https://youtu.be/HRPj5d6XBTg

Selamat pagi anak sholih dan sholiha serta orang tua hebat, hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) TIK. Untuk link dan password akan Bu Nabella bagikan melalui pesan pribadi di whatsapp sesuai waktu pada jadwal ya, semangat~πŸ₯°πŸ€—



Sebelumnya jangan lupa tetap sholat dhuha, murojaah doa dan surat pendek serta menyimak tausiah hari ini ya nak.

Untuk mengerjakan soal PTS di bawah ini, silahkan simak keterangan di bawah ini. 

1. Jangan lupa isi nama dengan lengkap tanpa ada kesalahan dalam pengetikan.

2. Isilah kelas dan nomor absen dengan benar dan tepat  

3. Bacalah pertanyaan dengan teliti, tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan dan pilihlah jawaban yang dianggap paling benar. 

4. Siswa hanya diberikan satu kali kesempatan dalam mengerjakan soal

5. Mohon kerjasama, kerjakan tepat waktu dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu.


SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA BERHASIL


Wassalamualaikum wr wb

Jumat, 19 Maret 2021

PTS MENULIS

Assalamu’alaikum wr.wb

Hari ini, 19 Maret 2021 kita akan melanjutkan PTS Genap yaitu Menulis. Silahkan Anak-anak kelas 2A kerjakan di Buku halus kasar diulang sebanyak 10 kali.

Pastikan pensil yang akan kamu gunakan tajam ya Nak agar tulisannya rapi. Jangan lupa tulis Basmallah, hari dan tanggal diatasnya. Semangat selalu sayangπŸ€—πŸ₯°



Rabu, 10 Maret 2021

TEMATIK 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5&6

  

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 1  Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran : 5-6

Kode KD.                 :  PKn (3.3) B.indo (3.8) SBdP (3.2)


Shobahul khoir anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/OG3h7E-gTes

Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan mendengarkan dongeng, siswa mampu memahami isi dongeng dengan baik.

2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan sikap terhadap sahabat atau teman.

3. Dengan mengamati teks yang disajikan, siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi.


Video pembelajaran:

https://youtu.be/QTFHGJxhIhU

https://youtu.be/7Q2Q9ebLJ9o


Ringkasan materi

Bacalah dongeng fabel berjudul “Bebek Selalu Hidup Rukun” yang ada di Buku Tematik BOS Tema 7 Halaman 45.

Berilah tanda centang (✓) untuk perilaku yang  menggambarkan kerukunan atau berilah tanda silang (x) untuk perilaku yang tidak menggambarkan kerukunan!












Di rumah Siti terdapat jam beker.

Jam tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk bangun pagi.

Jam beker memiliki bunyi panjang.

Perbandingan bunyi panjang dan pendek














TUGAS

Kerjakan modul tematik Bahasa Indonesia dan Matematika Halaman 57-58