Kamis, 22 April 2021

TEMATIK 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

  

Kelas : 2

Tema : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan

Subtema : 1 Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 5

Kode KD.                 :  B.Indo (3.10) SBdP (3.2) Matematika (3.6) 

Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/SJcs0tS4kik

Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

2.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menceritakan pengalaman melakukankegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster dengan bahasa yang santun.

Video pembelajaran

https://youtu.be/sj0oTUhjV0A


 

Materi ajar

Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah. Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah. Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain. Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan

tidak licin. Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.

 

Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman

berikut dengan benar!

1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?

2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet

untuk mengalirkan airnya?

3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?

4. Siapa yang punya?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan

sesuatu.

Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan

tanda tanya (?).

Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan

bagaimana pada kalimat tanya.

 

TUGAS :



Amati gambar di atas, 

lalu buatlah pertanyaan yang sesuai dengan gambar menggunakan kata tanya :

mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!

1. Mengapa ..... 

2. Kapan .....

3. Siapa ....

4. Dimana ...

5. Bagaimana....





Rabu, 21 April 2021

TEMATIK 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4

  

Kelas : 2

Tema : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan

Subtema : 1 Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 3 & 4

Kode KD.                 :  B.Indo (3.10) SBdP (3.2) Matematika (3.6) 

Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/VAbV2Paredw



Tujuan Pembelajaran

1. siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.

2.  siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.

3. siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

4 siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat


Video  Pembelajaran 3



Video Pembelajaran 4




Materi : halaman 20

Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan benar! 

1. Kalau terjatuh bisa terluka. 

2. Jam dindingnya pun bisa pecah. 

3. Iya Ayah, saya akan berhati-hati.

4. Duri dan pecahan kaca bisa saja terinjak kalau tidak berhati-hati.

5. Kami akan berhati-hati.

6. Kami juga tidak akan bermain jauh-jauh. 

7.Hanya di sekitar rumah saja.

Tanda titik (.) selalu dibubuhkan di setiap akhir kalimat.


Perhatikan teks lagu “Lonceng Ayah” berikut ini!



Lagu “Lonceng Ayah” harus dinyanyikan dengan nada yang tepat. 

Nada harus dibunyikan sesuai dengan panjang pendeknya. 

Panjang pendek nada dapat dihitung. 

Satuan hitungnya berupa ketukan. 

Ketukan itu teratur.



Tanda “ > ” berarti tekanan nada dari kuat perlahan-lahan melemah.

Tanda “ < ” berarti tekanan nada lemah.

Merawat benda-benda di rumah tanggung jawab setiap anggota keluarga.


Masih ingatkah kamu aturan penggunaan tanda titik pada kalimat? 

Bacalah kembali kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat! 

1. Teman-teman, piala ini aku peroleh ketika masih kelas I SD. 2. Waktu itu aku juara lomba mewarnai. 
3. Aku selalu merawatnya sampai sekarang agar tahan lama.

 Kalimat-kalimat di atas selalu diberi tanda titik di akhir kalimat. Selain itu, tanda titik juga digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu. Misalnya saja pukul delapan, ditulis pukul 08.00. Pada pukul 08.00, tanda titik digunakan pemisah antara bilangan jam dan menit.Amati gambar berikut ini


Tugas:

Selamat mengerjakan, semangat selalu 🙏🙏












Selasa, 20 April 2021

BAHASA LAMPUNG

Assalamualaikum Sholih Sholihah 2A, minggu yang lalu kita sudah mempelajari cara menulis kata dalam aksara lampung menggunakan anak huruf nengen.

Tugas ananda hari ini masih tentang anak huruf nengen, kerjakan soal di bawah ini ya :


Agar lebih jelas, silahkan gambarnya di klik ya nak 😊

TEMATIK 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1&2

  

Kelas : 2

Tema : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan

Subtema : 1 Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 1

Kode KD.                 :  B.Indo (3.10) SBdP (3.2) Matematika (3.6) 

Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/lCDWPjRxHqU

Tujuan Pembelajaran

1.Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.

2. Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.

3. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

4.Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat

Video Pembelajaran :

https://youtu.be/w6VBqs42XvA

Rangkuman materi :

Udin anak yang taat pada aturan. Setiap melakukan kegiatan selalu diatur menggunakan jadwal.

Setiap kegiatan dilakukan dengan tepat waktu.








Pukul berapa Udin sarapan pagi?

Pukul berapa Udin berangkat sekolah?

Pukul berapa Udin pulang sekolah?

Perhatikan gambar jam di bawah ini!



















Coba baca kembali teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan teliti! Setiap kata “Tuhan” selalu ditulis dengan huruf besar. Huruf besar disebutkan juga dengan huruf kapital.

Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!

1. Berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang

dianut.

2. Setelah makan, berdoa kepada Tuhan sesuai

ajaran agama yang dianut.

Huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Tuhan.

Kata ganti Tuhan yang sering digunakan, misalnya:

1. Yang Maha Esa,

2. Yang Mahakuasa,

3. Yang Mahabesar,

4. Yang Maha Pengasih,

5. Yang Maha Penyayang, dan sebagainya.















TUGAS 

Mengerjakan modul tematik halaman 86 bagian PKN



Tetap semangat anak sholeh dan sholehah



Senin, 19 April 2021

PENILAIAN HARIAN TEMATIK 7 SUBTEMA 3&4

Assalamualaikum ananda 2A yang bu guru sayangi dan banggakan🤗

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian. 
Jangan lupa berdoa ya nak agar mendapat nilai yang bagus🤗

Silahkan ananda sekalian menyimak tausiyah berikut ini :
https://youtu.be/0U19hy13_sI


 Silahkan klik link berikut untuk mulai mengerjakan Penilaian Harian Tema 7 Subtema 3 dan 4:
https://bit.ly/2OR3N6c


Jumat, 16 April 2021

TEMATIK 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6

  

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 4 Kebersamaan di Tempat Wisata

Pembelajaran : 6

Kode KD.                 :  B.Indo (3.8) PKn (3.3) Matematika (3.7) 


Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/UQU-Mc4UUZ0

 TUJUAN

      1. siswa mampu menyebutkan isi dongeng binatang yang menggambarkan sikap hidup rukun.

      2. siswa mampu menyajikan pecahan 1/2 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda 

          konkret.

      3. siswa mampu mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.

Vidio Pembelajaran

https://youtu.be/w35Lp6GWqXI



Rangkuman materi :



Tugas : Kerjakan soal berikut 

Matematika

Contoh soal 
Seluruh warga melayu memiliki 20 kepala keluarga. Seperempat bagiannya tidak ikut vaksin. Berapa kepala keluarga yang tidka ikut vaksin?

Jawab : 
=20 x 1/4 
= 20/4
 atau
=20 :4 
= 5
Selesaikan soal dibawah ini berdasarkan contoh diatas





Kamis, 15 April 2021

TEMATIK 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4&5

  

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 4 Kebersamaan di Tempat Wisata

Pembelajaran : 4 dan 5

Kode KD.                 :  B.Indo (3.8) PKn (3.3) Matematika (3.7) 


Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana Ramadhan hari ke-3 ini? Pastinya kuat ya puasa dan ibadahnya...Anak2Bu Guru kan hebat semua🤗💕 

Sebelum belajar, jangan lupa lakukan kegiatan agenda Ramadhannya ya seperti solat fardu, murojaah, solat tarawih, sholat dhuha dan murojaah ya nak. Semangat Fastabiqul khoirot sholih sholiha✨😇

Sebelum belajar, silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/UGuu-pJra5o

TUJUAN PEMBELAJARAN

siswa mampu mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.

Siswa mampu menyajikan pecahan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.

Video Pembelajaran :

Pembelajaran 4

https://youtu.be/Dw59PdhHyHQ


Pembelajaran 5



Rangkuman










Tugas
Kerjakan modul tematik pelajaran Matematika halaman 75 no.1-5