Rabu, 21 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4

  

Tabik Pun ๐Ÿ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A๐Ÿ˜Š Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/tTb76PXvS40


Kelas : 2

Tema : 1 

Subtema : 1

Pembelajaran : 3&4

 Tujuan Pembelajaran 

1.      Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar. 
2.      Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam kalimat dengan benar. 
3.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar. 
4.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar. 
5.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
6.      Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar. 
7.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999. 
8.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek.

Video pembelajaran 
Tematik 1 Subtema 1 Pembelajaran 3
Tematik 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun 
4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
Sekarang coba perhatikan lagu Peramah dan Sopan Ciptaan Pak Dal dibawah ini!
Apa ungkapan Tinggi Hati memiliki arti yang serupa pada salah satu lirik lagu Peramah dan Sopan dibawah ini?

SBdP
3.2  Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak 
4.2  Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

Silahkan copy link youtube dibawah ini dan dengarkan lagu Peramah dan Sopan

https://www.youtube.com/watch?v=-BItu402n1s

Bagian yang tebal mendapat penekanan kuat. Nyanyikan bagian tersebut sambil bertepuk.

Bu-kan-nya  cong-kak
Bu-kan-nya  som-bong
Yang  di-sa-yang-i  han-dai  dan  tau-lan
Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong
Ra-jin  be–ker–ja
Pe-ra-mah   dan  so- pan

Matematika
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya 
4.1  Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret 

Udin meraih juara pertama lomba menggambar. Nomor peserta Udin 232.

232 dibaca dua ratus tiga puluh dua.

345 dibaca tiga ratus empat puluh lima.

476 dibaca empat ratus tujuh puluh enam.

Angka-angka penyusun suatu bilangan menunjukkan

nilai tempat.
Coba perhatikan gambar di bawah ini!
Kesimpulan:
21 terdiri atas 2 puluhan 1 satuan
21 = 2 puluhan + 1 satuan
21 = 20 + 1

Kesimpulan:
121 terdiri atas 1 ratusan 2 puluhan 1 satuan
121 = 1 ratusan + 2 puluhan + 1 satuan
121 = 100 + 20 + 1



TUGAS
1.
Bu – kan nya   cong-kak
 ●       ●     ●     __     __
Bu-kan-nya  som-bong 
…  …   …     …  … 
Yang di-sa-yang-i han-dai dan tau-lan 
…   …  …    …  …   …   …    …   …   … 
Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong 
… … … …     …      …   …   …     …   … 
Ra-jin  be-la-jar
… … … … … 
Pe-ra-mah  dan   so- pan 
…   …   …    …    …   …

Tulislah lambang bilangannya!
2.  Seratus tujuh belas = ....
3.  Dua ratus empat puluh enam = ....


Tulislah nama bilangannya!
4.  632 = _______________________
5.   784 =________________________

Kamis, 15 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

 ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…

Assalamualaikum wr.wb

Kelas : 2

Tema : 1 

Subtema : 1

Pembelajaran : 1

Tabik Pun ๐Ÿ™ anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A๐Ÿ˜Š Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/b-83FceiG74


Tujuan Pembelajaran :

Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita tersebut dengan tepat
Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca.
Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

Video Pembelajaran:



Materi Ajar :
Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
Membaca bilangan tiga angka sampai 999.


Kita semua menginginkan suasana damai di rumah. Kedamaian terjadi karena adanya kerukunan. Ayah dan ibu rukun. Kakak dan adik rukun. Semua anggota keluarga menjaga kerukunan di rumah.



Ayah dan Ibu Menyayangi
Mutiara dan Udin
Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk
Mutiara dan Udin.
Mutiara mendapatkan buku cerita.
Udin mendapatkan mainan.
Mutiara dan Udin berterima kasih kepada ayah dan
ibu.
Mutiara dan Udin tidak saling berebut oleh-oleh.
Ayah dan ibu bahagia melihat buah hati mereka
selalu rukun.
Buah tangan = oleh-oleh
Buah hati = anak

Bilangan Cacah merupakan bilangan yang dimulai dari angka nol dan selalu bertambah satu dengan bilangan setelahnya. Bilangan-bilangan lain yang termasuk bilangan cacah yakni 0,1,2,3,4,5....980,981,982,983,984,985,986,987,988,989,990,991,992,993,994,995,99,997,998,999.

1 kubus satuan



Kubus satuan berjumlah
sepuluh digambarkan
menjadi satu kubus
puluhan
    

Kubus puluhan berjumlah sepuluh dapat diganti dengan satu kubus ratusan.
Kubus ratusan digambarkan dengan kubus satuan berjumlah seratus.



Berilah tanda •  pada bagian yang dinyanyikan
pendek.
Berilah tanda ___ pada bagian yang dinyanyikan
panjang.





Tugas

3. Kumpulkan fotomu bersama dengan orang tua yang telah diberi teks percakapan singkat mengandung ungkapan “ Buah Tangan” !


Kumpulkan dokumentasi dan tugas Ananda melalui WA pribadi. terimakasih,,

Rabu, 14 Juli 2021

MPLS hari ke-3

 



Assalamualaikum, Tabik pun, Good Morning ananda 2A serta ayah bunda
Bagaimana kabarnya hari ini? 
semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aaminn. Semangat  di hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021. 
Alhamdulillah kita sudah memasuki MPLS hari ke-3 seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang๐Ÿ˜Š

Seperti biasa sebelum beraktifitas anak² bu guru jangan lupa sholat dhuha, murojaah surat2 pendek dan mendengarkan tausiyah. 




_Link absen kelas 2A :


_Jadwal Pelajaran_ 

*Tematik*




Untuk tugas hari ini silahkan anak² Sholih Sholih kelas 2A melihat video lingkungan sekolah . Dan anak2 menceritakan melalui voice not tentang hobi kalian seperti teks yang sudah ada di blogger ibu guru. ๐Ÿ™๐Ÿ™




Selamat Belajar & Beribadah anak-anak hebat,  tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan  ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

Selasa, 13 Juli 2021

MPLS hari ke-2

 



Assalamualaikum Sholih sholiha ibu guru serta Ayah bunda, good morning student, apa kabar nya hari ini? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT dan tak kurang dari suatu apapun.. Aamiin, hari kedua kita MPLS ( masa perkenalan lingkungan sekolah ) sebelum beraktifitas Sholih Sholih bu guru jangan lupa, mandi, sarapan, sholat dhuha murojaah dan mendengarkan tausyah.. Semoga kebiasan baik ini terus di laksanakan. Semangat selalu anak² ibu guru, tetep menjaga kesehatan di masa PPKM ini, ditetap di rumah saja.                                Silahkan anak² bu guru mengisi absen berikut :
https://forms.gle/L2pUReUNh79zaqvG9

Hari ini kegiatan kelas 2 A, menulis dan membaca teks yg berjudul cut laila..

Senin, 12 Juli 2021

Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

 


Assalamualaikum ayah bunda serta Solih Sholiha kelas 2A, Tabik pun ,  Apa kabarnya hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT..Aamiin..salam kenal dari ibu guru Fuji lestari dan ibu guru Nabella..seperti biasa sebelum memulai aktifitas, anak² jangan lupa mandi,sarapan, sholat dhuha , murojaah, mendengarkan tausyah. Untuk pembelajaran hari ini kita perkenalan melalui Video Call..Semangat selalu anak² ibu guru semoga selalu diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menuntut ilmu.. Aamiin..





Jumat, 28 Mei 2021

PAS 28 Mei 2021

   ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…

Assalamualaikum wr.wb



Link Tausiyah hari ini :

https://youtu.be/N-yfLYfcItQ

Selamat pagi anak sholih dan sholiha serta orang tua hebat, hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS). 

Sebelumnya jangan lupa tetap sholat dhuha, murojaah doa dan surat pendek serta menyimak tausiah hari ini ya nak.

Untuk mengerjakan soal PAS di bawah ini, silahkan simak keterangan berikut.

1. Jangan lupa isi nama dengan lengkap tanpa ada kesalahan dalam pengetikan.

2. Isilah kelas dan nomor absen dengan benar dan tepat  

3. Bacalah pertanyaan dengan teliti, tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan dan pilihlah jawaban yang dianggap paling benar. 

4. Siswa hanya diberikan satu kali kesempatan dalam mengerjakan soal

5. Mohon kerjasama, kerjakan tepat waktu dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu.


SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA BERHASIL


Wassalamualaikum wr wb