Senin, 24 Januari 2022

TEMATIK 5 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1

           

Selamat pagi anak sholih dan sholiha 2A Apa kabar hari ini? 

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/bI6lbPp-5ak

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..

Hari/Tanggal        : Senin, 24 Januari 2022

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 4 ( Pengalamanku di Tempat Wisata  )

Pembelajaran        : 1

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP.

Tujuan Pembelajaran : 

Hari ini kita akan belajar materi tentang Menyimak Pembacaan Puisi , Menyelesaikan Masalah Panjang Benda dan Mengidentifikasi Bahan Buatan dan Alat Untuk Membuat Kerajinan.

Video Pembelajaran 👇

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 1

RINGKASAN MATERI 

Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia KD : 3.5

Menyimak Pembacaan Puisi 

Saat menyimak pembacaan puisi, perhatikan dengan sungguh-sungguh artikulasi, intonasi, dan ekspresi pembacaan puisi. 

Masih ingatkah kamu apa itu artikulasi, intonasi, dan ekspresi ?

Artikulasi adalah kejelasan pengucapan kata-kata.

Intonasi adalah ketepatan penekanan nada kata-kata.

Ekspresi adalah raut wajah saat membaca kata-kata.

Saat membaca puisi, setiap kata sebaiknya diucapkan dengan perlahan agar terdengar jelas. 

Pembaca puisi juga harus memperhatikan penekanan suara pada kata-kata tertentu.

Selain itu, ekspresi pembaca puisi juga harus sesuai.




Muatan Pembelajaran Matematika KD : 3.6

Menyelesaikan Masalah Panjang Benda

Ayo, ingat kembali bagaimana cara menyelesaikan soal cerita tentang panjang benda.
Kita perlu memperhatikan satuan ukuran panjang pada soal. 
Jika satuan panjang sudah sama, maka kita dapat mengerjakannya sesuai operasi hitung yang diperlukan.
Tetapi jika belum sama, maka satuan panjang tersebut harus disamakan terlebih dahulu.

1 m = 100 cm 

Perhatikan contoh soal berikut!

Ukuran botol bekas berbeda-beda. Botol ada yang tinggi. Botol ada juga yang pendek.




1. Tinggi botol bekas pertama 26 cm. Tinggi botol bekas kedua 15 cm. Berapakah tinggi kedua botol tersebut?

Diketahui:

Tinggi botol pertama = 26 cm Tinggi botol kedua = 15 cm

Ditanyakan tinggi kedua botol

Jawab:

Tinggi kedua botol sama dengan tinggi botol 1 ditambah tinggi botol 2

= 26 cm + 15 cm

= 41 cm

Jadi, tinggi kedua botol adalah 41 cm



2. Dedi memiliki 2 tongkat yang sama panjang.
Panjang setiap tongkat 100 cm. Berapa meter jumlah panjang kedua tongkat tersebut ?

Penyelesaian :

Dedi memiliki 2 meter tongkat, panjang setiap tongkat 100 cm. 
100 cm = 1 meter
2 tongkat x 100 cm = 200 cm
Jadi, jumlah panjang kedua tongkat Dedi adalah 200 cm = 2 meter.



3. Budi memiliki 2 buah botol bekas. Tinggi botol bekas pertama 26 cm. Tinggi botol bekas kedua 15 cm. Berapa cm tinggi kedua botol ?

Diketahui : Tinggi botol bekas pertama 26 cm. Tinggi botol bekas kedua 15 cm

Ditanya : Berapa cm tinggi kedua botol ?

Jawab:

Tinggi kedua botol sama dengan tinggi botol 1 ditambah tinggi botol 2

= 26 cm + 15 cm

= 41 cm

Jadi, tinggi kedua botol adalah 41 cm


4. Ayah Siti mempunyai 2 buah pohon mangga. Tinggi kedua pohon berbeda. Tinggi pohon pertama 200 cm, sedangkan tinggi pohon kedua 400 cm. Berapa meter tinggi kedua pohon Ayah Siti ?

Diketahui : Tinggi pohon pertama 200 cm, tinggi pohon kedua 400 cm.

Ditanya : Berapa meter tinggi kedua pohon?

Jawab : Tinggi pohon pertama ditambah tinggi pohon kedua.

= 200 cm + 400 cm

= (200 cm : 100) + (400 cm : 100)

= 2 m + 4 m

= 6 m

Jadi, tinggi kedua pohon milik Ayah Siti adalah 6 m.



Muatan Pembelajaran Seni Budaya KD : 3.4

Mengidentifikasi Bahan Buatan dan Alat Untuk Membuat Kerajinan





Tujuan : Membuat hiasan pot botol bekas

Alat dan Bahan

1.      Pola pot bekas

2.      Cat warna

3.      Kuas

Cara membuat :

1.      Sediakan alat dan bahan

2.      Gambar pola sesuai keinginan

3.      Beri cat warna agar menarik

4.      Jemur pot yang sudah di cat




TUGAS!

Selesaikan soal cerita berikut ini!

1. Beni memiliki 2 buah penggaris. Panjang penggaris pertama 30 cm, panjang penggaris kedua 12 cm. Berapa cm panjang kedua penggaris Beni ?

2. Udin mempunyai 2 batang kayu. Panjang kayu pertama 57 cm dan panjang kayu kedua 63 cm. Berapa cm panjang kedua kayu Udin ?

3. Edo mempunyai 2 potong kain. Ukuran kedua kain berbeda. Kain pertama panjangnya 300 cm, kain kedua panjangnya 600 cm. Berapa meter panjang kain keduanya?

4. Jarak rumah Lani ke sekolah 2000 cm dan jarak rumah Dayu ke sekolah 1000 cm. Berapa meter jarak rumah Lani dan rumah Dayu ke sekolah ? 

Kerjakan tugasnya di buku latihan tematik menggunakan cara penyelesaian ya Nak..

Setelah itu kirimkan hasil tugas kalian ke WA pribadi Bu Nabella/Bu Fuji.

Kerjakan dengan teliti.. jika ada yang kurang paham, silahkan tanya ke whatsapp pribadi Bu Guru atau whatsapp grup kelas 2A.

Selamat Belajar😊👍🏻




Jumat, 21 Januari 2022

TEMATIK 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5&6

           

Selamat pagi anak sholih dan sholiha 2A Apa kabar hari ini? 

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/GwPqsBaMZNQ

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..

Hari/Tanggal        : Jumat, 21 Januari 2022

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 3 ( Pengalamanku di Tempat Bermain  )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : PPkN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP 

Tujuan Pembelajaran : 

Hari ini kita akan belajar materi tentang cara Pengamalan Sila Keempat dan Kelima Pancasila di Tempat Bermain, Arti Kosakata Baru dan Cara Membaca Puisi, dan Mengurutkan Panjang .

Video Pembelajaran 👇

Tema 5 Subtema 3 Pembelajarn 5

Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6

RINGKASAN MATERI 

Muatan Pembelajaran PPKN KD: 3.1

Pengamalan Sila Keempat Pancasila di Tempat Bermain  

Sila Keempat Pancasila dapat diamalkan di tempat bermain dengan berdiskusi.

Dengan berdiskusi kita dapat menyelesikan suatu permasalahan secara bersama-sama. 

Sikap yang harus kita miliki saat berdiskusi antara lain : 

1. Tidak boleh memaksakan kehendak.

2. Menerima hasil musyawarah dengan senang hati

3. Mendengarkan pendapat teman.

4. Tidak memotong kata-kata teman saat berdiskusi

5. Menggunakan kata yang santun saat memberi pendapat.

Pengamalan Sila Kelima Pancasila di Tempat Bermain  

Sila kelima Pancasila mengajarkan kita untuk bersikap adil.

Sikap adil dapat terjaga jika kita melakukan hak dan kewajiban secara seimbang.

Perilaku yang sesuai sila Kelima Pancasila 


Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia KD : 3.5

Arti Kosakata Baru dan Cara Membaca Puisi

  • Perhatikan intonasi suara dan ekspresi saat membaca puisi
  • Setiap kata dalam puisi yang kamu baca memiliki arti
  • Untuk mengetahui arti kata yang baru diketahui, kamu dapat menggunakan kamus.
  • Kamu juga dapat bertanya kepada guru atau orang tuamu.
Membuat Puisi 

  • Sebelum menulis puisi, kamu harus menentukan tema puisi
  • Kamu dapat menentukan tema puisi sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, tulislah kata atau kalimat yang indah sesuai tema.
  • Kamu dapat mengungkapkan perasaanmu ke dalam puisi tersebut.
  • Perasaan bisa berupa rasa senang ataupun sedih.
  • Susunlah kata-katamu ke dalam beberapa baris puisi.

Muatan Pembelajaran Matematika KD : 3.6

Mengurutkan Panjang  

Beni dan temannya selesai belajar Bahasa Indonesia. Kemudian, dilanjutkan belajar Matematika.
Cermati cerita berikut! 
Panjang kaki Beni 22 cm. Panjang kaki Edo 24 cm. Panjang kaki Siti 20 cm.
Kaki Edo lebih panjang dari kaki Beni.


TUGAS!

Sebutkanlah sebuah contoh pengamalan Sila Keempat Pancasila, kirimkan dalam bentuk rekaman suara atau voice note di grup kelas 2A.

Selamat belajar💪🏻



PEMBAHASAN👇🏻

Sila ke-4 itu bunyinya Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.


nah dari bunyi sila ke-4 itu ada kata Permusyawaratan yang pasti semua atau segala keputusan harus berdasarkan musyawarah terlebih dahulu untuk mencapai suatu kesepakatan atau keputusan. 

musyawarah ada banyak ya contohnya misalnya voting, pemilu, dan lain2.


Contoh pengamalannya:

Pemilihan ketua kelas

Pemilihan ketua RT

Pemilu Presiden


dan dalam mencapai suatu keputusan pasti ada yang menyampaikan pendapat nah sikap kita harus menghargai pendapat orang lain.


Kamis, 20 Januari 2022

TEMATIK 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

          

Selamat pagi anak sholih dan sholiha 2A Apa kabar hari ini? 

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :


Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..

Hari/Tanggal        : Kamis, 20 Januari 2022

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 3 ( Pengalamanku di Tempat Bermain  )

Pembelajaran        : 4 

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : PPkN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP 

Tujuan Pembelajaran : 

Hari ini kita akan belajar materi tentang cara Membuat Pertanyaan Sesuai Isi Puisi, Kegunaan Alat Ukur Baku satuan panjang dan Mengidentifikasi Koordinasi Gerak. 

Video Pembelajaran 👇

Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 4


RINGKASAN MATERI 

Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia KD : 3.5

Membuat Pertanyaan Sesuai Isi Puisi

Puisi adalah kumpulan kata indah yang disusun ke dalam beberapa baris.
Untuk dapat mengetahui isi puisi, kamu dapat membaca puisi dengan sungguh-sungguh.
Kamu juga dapat membuat pertanyaan untuk mengetahui isi puisi.
Untuk membuat pertanyaan, kamu dapat menggunakan kata tanya. 





Muatan Pembelajaran Matematika KD : 3.6

Kegunaan Alat Ukur Baku




Muatan Pembelajaran SBdP KD : 3.3

Mengidentifikasi Koordinasi Gerak

  • Sebuah tarian dapat memadukan dua gerakan.
  • Contohnya perpaduan antara gerak tangan dan kaki.
  • Perpaduan gerak dua anggota tubuh disebut koordinasi gerak.
  • Gerakan yang dikoordinasikan harus sesuai dengan hitungan agar indah dilihat.
Tingkatan Gerak Tari : 





TUGAS!

Tirukanlah Gerak Bunga Mawar di Taman yang ada di buku tema 5 halaman 149-150 kirimkan dalam bentuk kolase foto atau gabungan foto.

Setelah itu ananda dapat mengirimkan hasil tugas ke WA Grup Kelas 2A. 

Semangat mengerjakan😊💪🏻


HASIL😍