BAHAN AJAR
Hari/ tanggal : Senin/ 22 Juli
2019
Kelas : 2
Tema/
Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/
2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 1
Semester : 1
Jam Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Sumber Pembelajaran/ Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
JP. 2-7
07.50
– 08.25
08.25
– 09.00
09.00
– 09.35
09.50
– 10.25
10.25
– 11.00
11.15
– 11.50
|
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
4.1.2 menuliskan isi cerita sesuai urutan dengan
bahasa yang santun.
|
·
Dengan diberikan teks
percakapan yang berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan,
siswa dapat menyebutkan dan memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa yang
santun.
·
Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun
yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan isi cerita sesuai
urutan dengan bahasa yang santun.
|
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius:
beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Pengantar Subtema
Siswa diminta
mengamati gambar suasana anak-anak yang sedang bermain. Gambar tersebut
merupakan pengantar pembelajaran subtema Hidup Rukun dengan Teman Bermain.
Siswa diajak untuk mengetahui pentingnya hidup rukun di tempat bermain.
Pemahaman itu diarahkan dengan pertanyaan-pertanyaan setelah gambar subtema.
Guru bertanya jawab dengan
siswa. Suasana tanya jawab yang menyenangkan akan memotivasi siswa mengikuti
pembelajaran.
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Membaca
Siswa membaca
teks percakapan yang mengandung ajakan. Guru membimbing siswa untuk menemukan
kata yang menunjukkan ajakan. Setelah itu, siswa menyebutkan kembali kalimat
ajakan tersebut. Kemudian siswa memperagakan kalimat ajakan tersebut.
Mencoba
Siswa menyebutkan
kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menuliskan kalimat
ajakan untuk mengajak teman bermain, kemudian memperagakan kalimat ajakan
yang sudah ditulisnya.
Mengamati
Siswa mengamati
gambar yang akan disusun menjadi sebuah cerita.
Siswa mengurutkan gambar
yang terdapat pada Buku Siswa sehingga menjadi sebuah cerita. Pada kegiatan
ini, siswa berlatih menyebutkan kalimat yang mengandung ajakan dan mencoba
memahami arti kalimat tersebut.
Guru mengamati kemampuan
siswa dalam menyebutkan kalimat ajakan dan memahami isi ceritanya (Rubrik
penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1) (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
Menulis
Siswa menulis
cerita berdasarkan urutan gambar yang sudah dikerjakan. Kegiatan ini juga
melatih siswa untuk menyebutkan kalimat yang mengandung ajakan dan mencoba
memahami artinya.
Mengamati
Siswa mengamati
gambar gerakan kepala, tangan, dan kaki seperti yang terdapat pada Buku
Siswa. Guru memberi contoh memperagakan gerakan-gerakan tersebut.
Mencoba
Siswa memperagakan
gerakan sesuai dengan contoh dari guru.
Siswa secara bersama-sama
melakukan gerakan tanpa hitungan, setelah itu gerakan itu dilakukan dengan
hitungan.
Guru mengamati kemampuan
siswa dalam mempraktikkan gerakan kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan
(Rubrik penilaian 2, SBdP KD 3.3 dan KD 4.3)
Mengamati
Siswa mengamati
gambar sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya. Guru
membimbing siswa untuk mengamati banyak kubus pada setiap nilai tempatnya.
Pada kegiatan ini, guru bisa membimbing siswa untuk mempertanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan kumpulan kubus dan nilai tempat tersebut.
Siswa membandingkan kelompok
kubus yang satu dengan kelompok kubus yang lain. Guru membimbing siswa untuk
mengetahui banyak kubus pada setiap kelompok kubus, kemudian siswa diminta
membandingkan banyak kubus tersebut sesuai dengan nilai tempatnya.
Berlatih
Siswa berlatih
membandingkan kumpulan kubus melalui soal-soal yang terdapat pada Buku Siswa.
Guru dapat menambahkan soal sesuai kebutuhan. Guru dapat mengamati pemahaman
siswa mengenai perbandingan dua kumpulan benda melalui soal-soal tersebut.
(Matematika KD 3.1)
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi),
Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks percakapan
tentang hidup rukun.
|
|
|
|
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 mengidentifikasi arah
gerak kepala, tangan, kaki dengan benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3.1melakukan gerak bagian kepala, tangan, kaki sesuai hitungan dengan benar.
|
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat mengidentifikasi
arah gerak kaki dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
melakukan gerak bagian tangan sesuai hitungan dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
melakukan gerak bagian kepala sesuai hitungan dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
melakukan gerak bagian kaki sesuai hitungan dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat
melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan
benar.
|
·
Gambar permainan anak.
·
Gambar rangkaian gerakan kepala.
·
Gambar rangkaian gerakan tangan.
·
Gambar rangkaian gerakan kaki.
|
|
|
|
|
Matematika
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
3.2.1
Membandingkan dua kumpulan benda
dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.
4.2 Mengurutkan bilanganbilangan dari bilangan
terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
4.2.1 Mengurutkan dua kumpulan benda dengan
istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
|
· Dengan
diberikan gambar kumpulan benda, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda
dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.
|
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi),
Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
|
|
|
BAHAN AJAR
Hari/ tanggal : Selasa/ 23 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/
Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/
2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 2
Jam Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Sumber Pembelajaran/ Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
JP. 2 &
8
07.50
– 08.25
11.50 – 12.15
|
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
|
· Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun,
siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan
sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
· Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat
menyebutkan kembali kalimat ajakan dalam teks yag disimaknya berkaitan dengan
sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
|
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama
siswa)
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati
gambar percakapan dan menyimak teks yang dibacakan oleh guru. Siswa
menggarisbawahi kalimat-kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain.
Berlatih
Siswa berlatih
membuat pertanyaan tentang bacaan yang telah disimaknya. Kegiatan ini untuk
melatih siswa bertanya agar dapat bertanya dengan percaya diri. Teks tentang
hidup rukun diperkuat dengan pertanyaan apakah kamu saling membantu?
Guru mengamati perkembangan
siswa dalam mengucapkan kalimat ajakan. (Rubrik penilaian 1, Bahasa Indonesia
KD 3.1 dan KD 4.1)
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Berlatih
Siswa mengamati
gambar percakapan yang ada di Buku Siswa, kemudian menuliskan kalimat sesuai
gambar. Gambar-gambar pada kalimat tersebut akan membentuk cerita apabila
diurutkan dengan baik dan benar. Siswa diminta mengurutkan gambar tersebut
sehingga membentuk cerita.
Cerita yang sudah dibuat
oleh siswa menunjukkan contoh penerapan sila pertama. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa.
Kegiatan belajar dilanjutkan
dengan pengamalan sila kedua Pancasila di tempat bermain. Siswa mengamati
gambar yang ada di Buku Siswa.
Guru memeriksa pekerjaan
siswa dalam menceritakan pengamalan sila pertama dan sila kedua Pancasila.
(Rubrik Penilaian 3, PPKn KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti. Siswa berlatih mengerjakan
soal yang ada di Buku Siswa.
(PPKn KD 3.1)
Menulis
Siswa menuliskan
bunyi sila pertama dan sila kedua Pancasila sesuai dengan lambang kedua sila tersebut.
Berlatih
Siswa melengkapi
teks cerita tentang hidup rukun yang memuat pengamalan sila pada Pancasila
dengan teliti.
Siswa membacakan teks cerita
hidup rukun yang telah dilengkapi dengan percaya
diri.
Siswa memasangkan gambar
yang menunjukkan pengamalan Pancasila dengan lambang sila Pancasila yang benar.
Penutup
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
· Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema
1 : Hidup Rukun, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
· Teks dan gambar
percakapan tentang hidup rukun
|
|
|
|
PKn
3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1 menunjukkan contoh
perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan
benar.
4.1 Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
4.1.1 menunjukkan contoh
perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
|
·Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat
menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama
Pancasila dengan benar.
·Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat
menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila kedua
Pancasila dengan benar.
|
· Teks dan gambar
percakapan tentang hidup rukun
|
|
|
BAHAN AJAR
Hari/ tanggal : Rabu/ 24 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/
Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/
2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 3
Semester : 1
Jam Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Sumber Pembelajaran/ Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
JP. 2, 5-8
07.50
– 08.25
09.50
– 10.25
10.25
– 11.00
11.15
– 11.50
11.50 – 12.25
|
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
|
·Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat membuat
teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan yang berkaitan dengan sikap
hidup rukun.
·Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat
memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
|
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius:
beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan
Inti
Mengamati
Siswa mengamati
gambar yang ada di dalam Buku Siswa. Guru memperagakan contoh gerakan.
Pertama adalah gerakan tangan, kemudian kaki, selanjutnya adalah gerakan
kepala.
Setelah gerakan tangan,
kaki, dan kepala dapat dilakukan dengan baik, siswa memperagakan gerakan
koordinasi antara tangan, kaki
Siswa memperagakan gerakan
koordinasi sesuai dengan contoh. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya. Selama proses peragaan, guru
mengamati kemampuan siswa dalam memperagakan gerakan. Apabila ada yang belum
benar, guru memberi contoh dan membantu siswa agar dapat melakukan gerakan
dengan benar. (Rubrik penilaian 1, SBdP KD 3.3 dan KD 3.4) (Mandiri : kerja keras, kreatif,
disiplin, rajin belajar)
Bermain Peran
Siswa mengerjakan
tugas membuat percakapan dengan teman di sebelahnya. Siswa dapat mengamati
teks percakapan atau teks cerita sebelumnya untuk membantu dalam penyusunan
kalimatnya.
Kalimat percakapan memuat
kalimat ajakan. Oleh karena itu, siswa perlu contoh kalimat-kalimat yang bisa
digunakan untuk percakapan.
Kemudian, teks percakapan
tersebut diperankan secara berpasangan.
Guru mengamati kemampuan
siswa dalam penyusunan kalimat yang menggunakan ajakan. (Bahasa Indonesia KD
3.1 dan KD 4.1)
Mengamati
Guru memberi
pengantar cerita mengenai kerukunan untuk mengaitkan muatan matematika yang
akan dipelajari.
Siswa mengamati cara
membandingkan dua bilangan cacah seperti yang tertulis pada Buku Siswa. Pada
saat proses memahami cara membandingkan, siswa dapat saling bertanya dengan
teman atau bahkan mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi
tersebut. Sebagai pancingan, guru dapat mengemukakan contoh dalam kehidupan
sehari-hari. Andaikan cerita itu pernah dialami oleh siswa, maka guru bisa
bertanya kepada siswa mengenai hal yang dialaminya berkaitan dengan bilangan tersebut.
Berkreasi
Siswa menyiapkan
bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat kartu bilangan.
Siswa membuat kartu bilangan
di bawah bimbingan guru.
Guru mengajak siswa
melakukan permainan membandingkan bilangan dengan menggunakan kartu bilangan
yang dibuat. Kegiatan berkreasi ini tidak digunakan untuk mencapai KD SBdP,
namun merupakan sarana agar siswa dapat belajar lebih menyenangkan. Guru dapat
mengamati siswa dalam menyusun bilangan tiga angka dan membandingkan dua
bilangan cacah. (Matematika KD 3.2)
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Permainan kartu bilangan
dilakukan dalam kelompok. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap
kelompok terdiri atas 4-5 orang.
Cara Bermain:
- Semua siswa dalam kelompok
mengambil tiga kartu, kemudian menyusunnya menjadi bilangan tiga angka.
-
Secara
berkelompok, siswa membuat perbandingan dua bilangan cacah dan menuliskannya dalam tabel pada Buku Siswa.
Berlatih
Siswa berlatih
mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Siswa.
Siswa membandingkan dua
bilangan tiga angka dengan memperhatikan dua angka penyusunnya.
Siswa membandingkan dua
bilangan tiga angka dengan menuliskan tanda <, =, atau >.
Penutup
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2
(Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
· Teks percakapan tentang hidup rukun.
|
|
|
|
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 mengidentifikasi arah
gerak tangan,kaki, kepala dengan
benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3.1melakukan gerak bagian tangan, kaki,
kepala sesuai hitungan dengan benar.
|
· Dengan diberi contoh gerakan oleh
guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala
dengan benar.
· Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat melakukan gerak
koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
|
·
Gambar tarian atau
video tarian
|
|
|
|
|
Matematika
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
3.2.1 Membandingkan dua kumpulan benda dengan tanda >, =, dan < dengan
tepat.
4.2 Mengurutkan bilanganbilangan dari bilangan terkecil
ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
4.2.1
Mengurutkan dua kumpulan benda dengan tanda >, =, dan < dengan
tepat.
|
· Dengan diberikan alat dan bahan serta langkah membuat kartu bilangan,
siswa dapat membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu
bilangan.
· Dengan diberikan soal latihan, siswa dapat membubuhkan tanda <, =,
atau > di antara dua bilangan tiga
angka dengan tepat.
|
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi),
Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Kartu bilangan
|
|
|
BAHAN AJAR
Hari/ tanggal : Kamis/ 25 Juli
2019
Kelas : 2
Tema/
Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/
2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 4
Semester : 1
Jam Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Sumber Pembelajaran/ Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
JP. 3, 5-8
08.25
– 09.00
09.50
– 10.25
10.25
– 11.00
11.15
– 11.50
11.50 – 12.25
|
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 menuliskan kalimat
ajakan dengan bahasa yang santun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 menemukan kalimat
ajakan dengan bahasa yang santun.
|
· Dengan diberikan teks lagu tentang hidup rukun, siswa dapat menemukan
kalimat ajakan yang terdapat dalam teks lagu yang berkaitan dengan sikap
hidup rukun dengan benar.
· Dengan diberikan teks lagu tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan
kalimat ajakan yang terdapat pada teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dengan benar.
|
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius:
beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan
Inti
Mencoba
Guru memberi
pengantar cerita mengenai perayaan Hari Kemerdekaan di sebuah RT yang akan
dimeriahkan dengan malam kesenian. Malam kesenian akan diisi oleh anak-anak
yang ada dalam satu RT. Siswa diajak bertanya jawab hal yang terjadi di
tempat tinggalnya. Tekankan pentingnya kerukunan dalam menyukseskan acara
tersebut.
Siswa mengamati gambar
anak-anak sedang menari. Guru menjelaskan bahwa tari-tarian itu merupakan
gabungan dari gerak kepala, tangan, dan kaki.
Siswa memperagakan gerakan
koordinasi kepala, tangan, dan kaki. Guru membimbing siswa melakukan gerak
koordinasi dengan hitungan. Contoh gerakan tari yang diperagakan adalah
gerakan bermain layanglayang. Oleh karena itu, tarian tersebut bisa dinamakan
Tari Bermain Layang-Layang.
Siswa dan guru dapat
berkreasi tarian lain dengan mengambil contoh gerakan keseharian, misalnya
gerakan menyapu, menanam, dan mencangkul. Guru mengamati kemampuan siswa
dalam melakukan gerak koordinasi (Rubrik penilaian 1, SBdP KD 3.3 dan KD
4.3). Sikap yang dikembangkan adalah percaya
diri.
Mengamati
Guru memberi pengantar
bahwa ketika bermain dan berkumpul dengan teman-teman bermain, siswa perlu
menjaga kerukunan.
Siswa menyimak teks lagu
“Gembira Berkumpul” yang dibacakan oleh guru. Akan lebih baik bila siswa
diajak untuk menyanyikan lagu tersebut. Kegiatan menyanyi ini tidak untuk
mencapai kompetensi SBdP, namun digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih
menyenangkan.
Siswa mengidentifikasi
kalimat pada syair lagu yang menggunakan kalimat ajakan.
Menulis
Siswa menuliskan
kalimat dalam syair lagu yang berisi ajakan. Guru menekankan bahwa kalimat
ajakan dibuat dengan bahasa yang santun.
Guru memeriksa hasil tulisan
siswa. (Rubrik penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.
Mengamati
Guru memberi
pengantar bahwa anak-anak di kampung Udin akan menghias panggung pertunjukan
untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Guru dapat memancing siswa untuk bertanya
jawab mengenai pengalaman serupa yang dialami di tempat tinggal siswa. Guru
memfasilitasi siswa akan pentingnya kerja sama untuk menjaga kerukunan.
Siswa memperhatikan gambar
tumpukan kertas warna yang akan digunakan untuk menghias panggung
pertunjukan.
Siswa mengurutkan gambar
banyak tumpukan kertas tersebut dari yang paling sedikit ke yang paling
banyak.
Guru dapat menggunakan
peraga yang lain dengan benda-benda yang ada, misalnya kelereng, lidi, dan lain-lain.
Berlatih
Siswa mengerjakan
latihan yang ada di Buku Siswa. Guru mengamati pemahaman siswa mengenai
urutan bilangan cacah dan kemampuan mengurutkan (Rubrik penilaian 3,
Matematika KD 3.1 dan KD 4.1)
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2
(Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks lagu “Gembira Berkumpul”
|
|
|
|
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 mengidentifikasi koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dengan benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3.1melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, kai sesuai
hitungan dengan benar.
|
· Dengan diberi contoh gerakan oleh
guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki
sesuai hitungan dengan benar.
· Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa melakukan gerak
koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
|
·
Gambar tarian atau
video tarian
|
|
|
|
|
Matematika
3.2 Membandingkan
dua bilangan cacah.
3.2.1 Membandingkan dua kumpulan benda dengan
istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.
4.2 Mengurutkan
bilanganbilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
4.2.1 Mengurutkan
dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan
tepat
|
· Dengan diberikan gambar kumpulan benda konkret, siswa dapat
membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
·
Dengan diberikan gambar kumpulan benda konkret,
siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang
terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya.
|
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi),
Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
|
|
|
BAHAN AJAR
Hari/ tanggal : Kamis/ 25 Juli
2019
Kelas : 2
Tema/
Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/
2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 5
Semester : 1
Jam Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Sumber Pembelajaran/ Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
JP. 3, 5-8
08.25
– 09.00
09.50
– 10.25
10.25
– 11.00
11.15
– 11.50
11.50 – 12.25
|
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 menuliskan kalimat berkaitanhidup rukun dengan bahasa yang santun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 menggunakan kalimat
ajakan dalam teks dengan bahasa yang santun.
|
·Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat
menuliskan kalimat yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menggunakan
kalimat ajakan dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
|
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius:
beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati
gambar dan teks percakapan yang ada di Buku Siswa.
Siswa membuat teks
percakapan dengan menggunakan kalimat ajakan yang berkaitan dengan cerita
hidup rukun. (Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1). Cerita yang ada adalah
kegiatan Siti dan Lani untuk latihan menari. Di dalam teks dijelaskan bahwa
ketika menari, anak-anak harus menjaga kekompakan.
Membaca
Siswa membaca teks
pengalaman Lani berlatih menari.
(Kegiatan literasi)
Siswa menceritakan
pengalamannya mengajak teman dan tanggapan temannya. Cerita tersebut
dituliskan pada tempat yang tersedia, kemudian siswa membacakannya. Namun,
apabila waktu tidak memungkinkan, siswa mengumpulkan tugasnya tersebut untuk diberi penilaian oleh guru.
Berdiskusi
Siswa berdiskusi
mengenai kekompakan yang harus dijaga di dalam menari. Sikap kompak itu
merupakan pengamalan sila ketiga Pancasila di tempat bermain. Siswa
mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di tempat
bermain. (PPKn KD 3.1).
Siswa berdiskusi dengan
teman sebangku mengenai kerukunan dan kekompakan yang harus dijaga ketika
bermain dengan teman. Kemudian, menceritakan pengalamannya menerapkan sila
ketiga Pancasila (Rubrik Penilaian, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1, PPKn
KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang
dikembangkan adalah toleransi dalam berdiskusi dan percaya diri ketika
bercerita.
Catatan:
Kegiatan
pada halaman tersebut merupakan kegiatan keterpaduan antara muatan Bahasa
Indonesia dan PPKn. Keterpaduan yang dimaksud adalah menggunakan teks bacaan
yang berkesinambungan untuk mencapai kompetensi dasar Bahasa Indonesia dan
PPKn.
Mengamati
Guru memberi
pengantar mengenai pentingnya menjaga persatuan dan kekompakan. Hal itu untuk
mengaitkan pelajaran olahraga dengan tema yang sedang digunakan dalam proses
pembelajaran. Kekompakan itu akan diterapkan dalam permainan bentengan yang
akan dilakukan oleh siswa.
Siswa diajak melakukan
pemanasan sebelum melakukan permainan. Guru mengingatkan kembali gerak dasar
lokomotor. Siswa memperagakan gerakan tersebut. Guru mengamati kemampuan
siswa dalam melakukan gerakan tersebut (Rubrik penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan
KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah tertib.
Siswa melakukan permainan
berlari berpasangan dengan rintangan. Guru menjelaskan aturan permainan.
Siswa melakukan permainan dengan sportif.
Apabila waktu masih
memungkinkan, siswa dapat melakukan permainan bentengan. Tekankan kepada
siswa pentingnya persatuan dan kekompakan ketika bermain.
Penutup
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
· Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema
1 : Hidup Rukun, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
· Teks dan gambar
percakapan tentang hidup rukun
·
|
|
|
|
|
· Dengan diberikan teks tentang sikap hidup rukun, siswa dapat
menunjukkan perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dengan benar.
· Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan
pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila dengan benar.
|
· Teks dan gambar
percakapan tentang hidup rukun
|
|
|
BAHAN AJAR
Hari/ tanggal : Jumat/ 26 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/
Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/
2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 6
Semester : 1
Jam Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Sumber Pembelajaran/ Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
JP. 3-5
08.25
– 09.00
09.00 – 09.35
09.50 – 10.25
|
PKn
3.1 mengidentifikasi hubungan antara symbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila
3.1.1 menceritakan pengalaman menerapkan sila
kelima Pancasila di tempat bermain dengan benar.
4.1 Menjelaskan
hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1.1 memasang gambar yang sesuai dengan sila
keempat dan kelima Pancasila dengan benar
|
·
Dengan diberikan symbol
sila Pancasila, siswa dapat menuliskan rumusan sila Pancasila dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar
penerapan sila keempat dan kelima, siswa dapat memasang gambar yang sesuai
dengan sila keempat dan kelima Pancasila dengan benar
·
Dengan diberikan teks
tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila
keempat dan kelima Pancasila di tempat bermain dengan benar
|
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius:
beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
· Guru mengajak siswa bertanya jawab mengenai
penerapan sila keempat di tempat bermain. Setiap anak mengemukakan pendapat
secara bergantian.
· Salah satu contoh pengalaman sila kelima Pancasila
adalah pemungutan suara yang dilakukan secara adil.
· Siswa menuliskan rumusan sila pada pancasila yang
sesuai dengan simbolnya
· Siswa memasangkan sila pada Pancasila dengan gambar
penerapan yang sesuai
· Siswa menuliskan contoh pengalaman sila keempat dan
kelima saat bermain dengan teman
· Siswa menceritakan pengalaman penerapan sila keempat
dan kelima di tempat bermain
Penutup
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
Melakukan penilaian hasil
belajar
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
· Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema
1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
· Teks dan gambar
percakapan tentang hidup rukun
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar