Hari/ tanggal : Selasa
/ 13 Agustus 2019
Kelas :
2
Tema/ Subtema : 2 (Bermain
di Lingkungan)/1(Bermain di Lingkungan Rumah)
Bahasa
Indonesia
3.2 menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan
3.2.1
menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat
Matematika
3.4 menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
3.4.1 menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar
3.4.2 menyatakan
perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar
SBDP
3.2 mengenal
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 membedakan
panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar
Tujuan
pembelajaran
·
Siswa
dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan symbol dengan
benar
·
Siswa
dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada
lagu dengan benar
·
Siswa
dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan
benar
·
Siswa
dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan
benar
·
Siswa
dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
dengan tepat
·
Siswa
dapat menyebutkan isi teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang dibacakan dengan
tepat
·
Siswa
dapat membaca kembali teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang berkaitan dengan
keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat
Materi ajar
Bahasa Indonesia
Mendengarkan dengan
seksama isi teks pendek yang dibacakan oleh guru. Siswa mendengarkan teks “Bermain
Perahu Kertas” kemudian memahami dan mampu menceritakan kembali intisari dari
teks yang dibacakan guru
Siswa membacakan
teks “Bermain Simpai” kemuadian, siswa yang lain mendengarkan sembari mencerna
maksud dari teks yng dibacakan. Bukti dari siswa mampu memahami intisari teks
tersebut adalah dengan cara menceritakan kembali isi cerita tersebut dan
ditulis di buku tulis tematik masing-masing
Matematika
Guru menyuruh
masing-masing siswa membawa batu kerikil sebanyak-banyaknya lalu memberi
instruksi untuk menaruh batu kerikil masing-masing 2 buah di 3 tempat yang
berbeda lau, menjumlahkan berapa banyak batu kerikil yang terpakai. Dengan cara
tersebut siswa mampu memahami secara konkret apa yang dilihat, dipraktekkan
dengan dasar materi penjumlahan pengurangan di tematik 1 sebelumnya.
Dengan menggunakan
cara yang sama yaitu memabagi 4 buah batu kerikil ke 3 tempat yang berbeda
kemudian, menjumlahkan berapa banyak batu kerikil yang terpakai.
SBdP
Terima kasih bu Bella untuk materinya.
BalasHapussama2 ma semiga bermanfaat🙏🏻
HapusJawabanya
BalasHapus