Senin, 30 September 2019

Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1

Hari/ Tanggal: Senin, 30 September 2019

Kelas: 2

Tema / Subtema: 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)

Pembelajaran: 1

 

KOMPETENSI DASAR 

Bahasa Indonesia

3.3 Menentukan kosakata dan

konsep tentang lingkungan

geografis, kehidupan

ekonomi, sosial, dan budaya

di lingkungan sekitar dalam

bahasa Indonesia atau bahasa

daerah melalui teks tulis, lisan,

visual dan/atau eksplorasi

lingkungan.

4.3 Melaporkan penggunaan

kosakata bahasa Indonesia

yang tepat atau bahasa

daerah hasil pengamatan

tentang lingkungan geografis,

kehidupan ekonomi, sosial dan

budaya di lingkungan sekitar

dalam bentuk

Matematika

3.5 Menjelaskan nilai dan

kesetaraan pecahan mata uang.

4.5 Mengurutkan nilai mata uang

serta mendemonstrasikan

berbagai kesetaraan pecahan

mata uang.

SBdP

3.1 Mengenal karya imajinatif dua

dan tiga dimensi.

4.1 Membuat karya imajinatif dua

dan tiga dimensi


Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,

siswa mampu memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.

2. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,

siswa mampu menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.

3. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,

siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya.

4. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menentukan nilai sekelompok

pecahan uang.

5. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menukar nilai sekelompok

pecahan uang dengan sekelompok pecahan uang lain yang setara.

6. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu memahami gambar imajinasi.

7. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menggambar gambar imajinasi.


Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia

Hari ini adalah hari Sabtu.

Ibu guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah

secara kelompok.

Tugasnya adalah menjelaskan lambang sila pada

burung Garuda.

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bergabung menjadi

satu kelompok.

Mereka sepakat mengerjakan tugas di rumah Dayu.

Belajar kelompok dimulai pukul 15.00 sampai pukul

16.30.

Setiap hari sebelum belajar mereka berdoa.

Berdoa adalah bukti bahwa siswa percaya Tuhan.

Semua berdoa dengan khusyuk.

Cara mereka berdoa berbeda-beda sesuai tuntunan

agamanya.

Semua saling menghormati dalam menjalankan

ibadahnya.

Berdoa sebelum belajar adalah tugas siswa.

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!

1. Adakah dari uraian di atas, kamu temukan tugasmu

sebagai umat beragama?

________________________________________________

2. Bagaimana sikapmu sebagai umat beragama dalam

belajar?

________________________________________________

3. Adakah siswa yang tidak mau berdoa?

________________________________________________


SBdP

Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Matematika

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bergabung satu

kelompok.

Mereka belajar mulai pukul 15.00 dan selesai pukul

16.00.

Pukul 15.00 sama dengan pukul 03.00 sore

Pukul 16.00 sama dengan pukul 04.00 sore

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar