7 November 2019
MATERI AJAR
Kelas: II
Semester: I
Tema: IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema: III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran: 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
10. Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan bahasa yang santun.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Siswa menceritakan pengalaman bermain yang pernah dilakukan bersama teman yang mencerminkan sikap bersatu.
2. Siswa menanggapi cerita yang disampaikan teman.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
• Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dankesehatan ruangan kelas.
• Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.
Materi Pembelajaran
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi
percakapan!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman
sebelum bermain?
Jawab: ...................................................................
3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunan
yang dikumpulkan?
Jawab: ...................................................................
Temukan kata pada tabel sesuai dengan makna
sebagai berikut!
1. Pupuk campuran dari daun dan kotoran hewan
yang telah membusuk.
2. Bagian tumbuhan yang indah berwarna cerah.
3. Bagian tumbuhan yang berhelai-helai dan
melekat pada ranting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar