Jumat, 13 September 2019

Tema 3 Subtema 1

Jumat, 13 September 2019

MATERI AJAR

Kelas: II B

Semester: I

Tema: III / Tugasku Sehari-hari

SubtemaI / Tugasku sehari-hari di rumah

Pembelajaran: 1

 

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman bendaberdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

Matematika

3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangancacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca teks percakapan Beni dan Lani, siswa dapat menyebutkan manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
2. Dengan menyebutkan manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di sekolah dengan benar.
3. Dengan mengerjakan latihan, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai Pengurangan berulang dengan tepat.
4. Dengan menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang, siswa dapat menghitung hasil bagi dua bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100 dengan cermat.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

 

Inti

1. Mengidentifikasi manfaat mematuhi tata tertib di sekolah dan akibat tidak mematuhi tata tertib di sekolah.
2. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang tepat.
3. Berlatih mengubah kalimat pembagian menjadi kalimat perkalian.
4. Menghitung hasil bagi dua bilangan melibatkan bilangan cacahsampai dengan 100 menggunakan penyelesaian soal tentangpembagian (open ended).

 

Penutup

1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

 

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga

• Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
• Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
• Buku Paket Bahasa Indonesiadan Matematika
• Gambar teks percakapan antara Beni dan Lani.
• Teks bacaan tentang “Sepak Bola”.
• Gambar Beni bercerita tentang fakta unik pembagian”.

 

Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia

Matematika

Dalam perlombaan sepak bola, jumlah pemain inti sebanyak 88 orang.

Berapa jumlah tim yang mengikuti perlombaan?

Jawab:

88 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 = 0

88 : 11 = 8

Jadi, banyak tim yang mengikuti perlombaan sebanyak 8 tim.

Paman Beni sering terlibat dalam kepanitiaan perlombaan sepak bola.

Beliau bertindak sebagai koordinator perlengkapan.

Berikut banyak bola yang dibutuhkan untuk dibagikan ke beberapa lokasi.

Bantulah paman Beni untuk menghitungnya!

Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar