31 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas: II
Semester: I
Tema: IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema: II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran: 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalamanmelakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolahmenggunakan bahasa yang santun.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
2. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
3. Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
4. Membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
5. Menyebutkan sikap agar terwujud persatuan dalam di sekolah.
6. Menceritakan pengalaman tentang kegiatan bersatu dalamkeberagaman di sekolah.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
• Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dankesehatan ruangan kelas.
• Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.
Materi Pembelajaran
Apa isi teks di atas? Sudah tahukah kamu cara menjaga kelas agarbersih dan sehat?
Amati gambar di bawah ini! Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Tuliskan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!
Dayu dan teman-teman telah menjaga kebersihan ruang kelas.
Mereka menjaga kebersihan kelas bersama.
Sikap mereka pantas untuk ditiru.
Sikap itu merupakan contoh kebersamaan di kelas.
Tahukah kamu dengan kegiatan yang menunjukkan sikap kebersamaan di kelas?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar