Jumat, 24 Januari 2020

Tema 5 Sub 3 PB 6

Jumát, 24 Januari 2020
MATERI AJAR

Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : III / Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5  Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
PPKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan sila-sila Pancasila
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
C. TUJUAN 
1. Dengan menggunakan teks puisi “Nyiur Hijau”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi) dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan pembacaan puisi anak tentang lingkungan, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3. Dengan mendengarkan pembacaan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan dengan benar.
4. Dengan menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan dengan tepat.
5. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.
6. Dengan membaca teks pendek tentang panjang ukuran kaki Beni, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
7. Dengan membentuk sebuah kelompok, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
8. Dengan membaca teks tentang sikap yang sesuai dengan sila kelima Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
9. Dengan menulis cerita tentang pengalaman, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kelima di sekolah dengan baik.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
• Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
• Siswa membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) .
• Siswa bertanya jawab tentang gambar Garuda Pancasila (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang lambang sila keempat Pancasila (menanya).
• Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Pemilihan Ketua Kelas” (mengamati).bertanya jawab tentang isi teks

Penutup
• Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
• Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema V Pengalamanku
• Buku Siswa Tema V Pengalamanku
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
• Gambar dan bentuk bangun datar
• Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran
Beni anak yang rajin.Beni suka membuat puisi. Kali ini, Beni menulis puisi.Puisinya berjudul “Nyiur Hijua,” Pada jam istirahat, puisi tersebut dibaca Beni. Puisinya dibaca di depan teman-temannya.
Bacalah puisi berikut! Gunakan lafal dan intonasi yang tepat!
Nyiur Hijau

Nyiur Hijau, di tepi pantai
Siar siur, daunya melambai
Padi mengembang, kuning merayu
Burung-burung, bernyanyi gembira
Tanah airku, tumpah darahku
Tanah yang subur, kaya makmur
Tanah airku, tumpah darahku
Tanah yang indah, permai nyata

















Buatlah pertanyaan sesuai puisi di atas! Tukarkan pertanyaanmu dengan temanmu!kemudian, jawablah secara bergantian.
Baca kembali puisi diatas! Carilah kosakata baru dalam puisi. Tuliskan kosakata baru tersebut.










Coba amati lingkungan di sekitarmu!
Beni dan temanya selesai belajar bahasa Indonesia. Kemudian, dilanjutkan belajar matematika.
Cermati cerita berikut! Panjang kaki beni 22 cm.
Panjang kaki edo 24 cm.panjang kaki siti 20 cm. kaki edo lebih panjang dari kaki beni.








Kaki beni lebih panjang dari kaki siti. Urutan panjang kaki dari yang terpanjang ke terpendek adalah edo,beni, dan siti.
Ukurlah bagian tubuhmu!
Tuliskan hasil pengukuranmu dengan sentimeter.sentimeter disingkat cm.
Kerjakan bersama kelompokmu, satu kelompok ada 3 orang siswa.
Ukurlah secara bergantian dengan temanmu. Gunakan penggaris atau meteran kain.







Lengkapi kalimat berikut! Sesuaikan dengan hasil pengukuranmu. Mulailah dari yang terpendek hingga terpanjang.
1. Panjang kaki_______________________
2. Panjang lengan _____________________
3. Panjang lingkaran pinggang __________
4. Bandingkan hasilnya dengan temanmu satu kelompok.
5. Ambila kesimpulanmu. Hasilnya adalah________memiliki ukuran bagian tubuh paling pendek. Apabila dibandingkan teman lainya._________________memiliki ukuran bagian tubuh paling panjang. Apabila dibandingkan teman lainnya.






Sebutkan sila kelima pancasila! Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima dilambangkan padi dan kapas.
Sila ini hubungannya dengan sikap adil. Adil terhadap semua orang. Contoh sikap adil adalah
1. Hormat kepada anggota keluarga.
2. Senang dengan nuatan teman.
3. Baik kepada semua teman sekelas.
4. Ingin selallu maju bersama teman dan adil kepada semua teman.
5. Saling menolong kepada semua orang
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar