Selasa, 7 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas: II
Semester: II
Tema: V / Pengalamanku
Subtema: I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran: 2 dan 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”
Tujuan Pembelajaran
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengingat kembali hal yang pernah dilakukannya berkaitan
dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
Siswa menceritakan pengalaman yang pernah dilakukannya berkaitan
dengan sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
Siswa menulis cerita tentang pengalamannya yang pernah dilakukannya
berkaitan dengan sila pertama Pancasila (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Materi Pembelajaran
Beni dan ayahnya bermain kuda-kudaan.
Beni menirukan posisi kuda. Posisi kuda yang
diperagakan ayahnya.
Perhatikan gambar di bawah! Pengalaman Beni
dan ayahnya bermain di rumah.
Perhatikan posisi tangan Beni. Juga posisi tangan
ayahnya.
Perhatikan gambar berikut! Gambar-gambar
tersebut mencerminkan sila Pancasila.
Berikan centang (_) pada gambar yang
menunjukkan sila pertama.
Tuliskan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila!
1.
2.
3.
4.
5.
Pernahkah kamu melakukan kesalahan?
Kepada siapa kamu melakukan kesalahan?
Bagaimana cara meminta maaf?
Coba tuliskan permintaan maafmu!
1.
2.
3.
4.
5.
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara
Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut!
1) ... dan ... merupakan alat ukur untuk mengukur
panjang.
2) 3 m = ... cm
3) 4 m = ... cm
4) ... m = 500 cm
5) ... m = 600 cm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar