MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VII
/ Kebersamaan
Subtema : III /
Kebersamaan di
Tempat Bermain
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.9
Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
4.9
Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
Matematika
3.7
Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam
kehidupan sehari-hari.
4.7
Menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari
keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.1
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1
Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan
kegiatan bermain di halaman rumah, siswa mampu memahami kebersamaan di tempat
bermain.
2. Dengan memperhatikan
gambar, siswa mampu menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam percakapan dalam
bahasa tulis.
3. Dengan memperhatikan
gambar, siswa mampu menuliskan kata sapaan dalam kalimat.
4. Dengan memperhatikan
gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 sebagai bagian dari
keseluruhan.
5. Dengan memperhatikan
gambar, siswa mampu menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian
dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
6. Dengan penjelasan
guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya
patung imajinatif dengan bahan alami.
7. Dengan penjelasan
guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya patung imajinatif dengan bahan alami.
Materi Pembelajaran
Sikap yang baik dapat
diungkapkan dengan sapaan yang baik.
Bermain
di Halaman Rumah
Seusai sekolah
teman-teman Siti pergi ke rumah Siti. Rumah teman-teman Siti saling berdekatan.
Mereka bermain di halaman. Siti dan teman-temannya bermain berburu hewan. Siswa
yang berperan sebagai hewan jika terkena lemparan harus keluar area. Siti
melempar bola ke arah Dayu. Kaki Dayu terkena lemparan Siti. Mereka tetap rukun
walaupun memiliki banyak perbedaan.
Ada
banyak jenis hewan yang dapat kita perankan saat bermain berburu hewan. Kita
bisa bermain sebagai rusa, ayam hutan, kelinci, dan lain-lain. Hewan-hewan
tersebut dapat kita tiru bentuknya dengan membuat patung hewan.
Membuat
Patung Hewan
Alat dan bahan:
1. Tanah liat atau
plastisin
2. Air
3. Sketsa hewan yang
akan dibuat menjadi patung
Proses pembuatan
patung:
1. Siapkan tanah liat
atau plastisin.
2. Siapkan alat bantu
dan air.
3. Siapkan meja putar
(jika ada).
4. Siapkan gambar
rancangan patung (sketsa hewan yang akan dibuat menjadi patung).
5. Tempatkan tanah liat
atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi sedikit.
6. Pijat-pijat bahan
hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.
7. Jika bahan kurang
bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa dikurangi.
8. Sempurnakan bentuk
dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung
dan dihaluskan.
Kerjakan di
Rumah!
1. Kata sapaan yang buruk bisa membuat
hati seseorang menjadi ….
a. Sedih
b. Senang
c. Tertawa
2. Ali:
“Sedang apa dirimu sahabatku?”
Fatmawati:
“Ini aku sedang menanam bunga melati.”
Kata sapaan yang
diucapkan Ali kepada Fatmawati di atas adalah ….
a. Fatma
b. Sahabatku
c. Sedang apa
3. Pak Toni menangkap
seekor rusa. Seekor rusa dari kumpulan di bawah dapat dinyatakan dengan pecahan
_________.
4. Pak Somad memiliki dua ekor kambing.
Seekor kambing dijual. Kambing yang dijual dapat dinyatakan dengan pecahan
_______.
5. a. Apa saja alat dan
bahan untuk membuat patung hewan?
b. Buatlah sebuah sketsa patung hewan sesuai
dengan imajinasimu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar