Jum’at
27
Maret 2020
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
VII / Kebersamaan
Subtema :
IV/ Kebersamaan
di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup
rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan
sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan
diri.
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan
,
dan
menggunakan benda-benda konkret dalam
kehidupan sehari-hari.
4.7
Menyajikan pecahan
,
dan
yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam
kehidupan sehari-hari.
SBDP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan melakukan kegiatan membuat maket dan menulis kembali dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng binatang yang menggambarkan sikap hidup rukun.
2. Dengan melakukan kegiatan membuat maket dan menulis kembali dongeng, siswa mampu menceritakan kembali isi dongeng yang telah dibaca dengan bahasa yang santun.
3. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa mampu menyatakan pecahan (1/2) sebagai bagian dari keseluruhan.
4. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa mampu menyatakan pecahan (1/3) sebagai bagian dari keseluruhan.
5. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa mampu menyatakan pecahan (1/4) sebagai bagian dari keseluruhan.
6. Dengan mencermati gambar dan teks, siswa mampu menyajikan pecahan (1/2) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
7. Dengan mencermati gambar dan teks, siswa mampu menyajikan pecahan (1/3) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
8. Dengan mencermati gambar dan teks, siswa mampu menyajikan pecahan (1/4) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
9. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan buatan.
10. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.
11. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampumengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.
12. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu meng-identifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
13. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
1. Dengan melakukan kegiatan membuat maket dan menulis kembali dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng binatang yang menggambarkan sikap hidup rukun.
2. Dengan melakukan kegiatan membuat maket dan menulis kembali dongeng, siswa mampu menceritakan kembali isi dongeng yang telah dibaca dengan bahasa yang santun.
3. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa mampu menyatakan pecahan (1/2) sebagai bagian dari keseluruhan.
4. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa mampu menyatakan pecahan (1/3) sebagai bagian dari keseluruhan.
5. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa mampu menyatakan pecahan (1/4) sebagai bagian dari keseluruhan.
6. Dengan mencermati gambar dan teks, siswa mampu menyajikan pecahan (1/2) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
7. Dengan mencermati gambar dan teks, siswa mampu menyajikan pecahan (1/3) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
8. Dengan mencermati gambar dan teks, siswa mampu menyajikan pecahan (1/4) yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
9. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan buatan.
10. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.
11. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampumengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.
12. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu meng-identifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
13. Dengan melakukan kegiatan membuat maket, siswa mampu membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
MATERI
PEMBELAJARAN
Dalam bercerita
para pendongeng sering menggunakan boneka.
Ini dilakukan agar para pendengar dapat
menyimak dengan lebih baik lagi.
Boneka untuk mendongeng
dapat terbuat dari kertas.
Bahan yang
dibutuhkan yakni Kertas HVS, Lem, Spidol, Krayon atau Pensil Warna, Kertas
Origami dan Gunting.
Sebuah kelompok terdiri dari 12 anak.
Ada 4 anak membuat boneka jari berupa gajah.
Ada 4 anak membuat boneka jari berupa rusa.
Ada 4 anak membuat jari berupa kera.
Masing-masing bagian dalam kelompok tersebut bernilai
.
TUGAS
1. Sikap kita kepada teman yang memiliki kesukan yang berbeda di tempat
wisata adalah ...
2.
“Apakah hari ini Bapak berangkat ke kota?”
Kata
sapaan pada kalimat di atas adalah...
3. Siswa di
kelas Siti berjumlah 24 siswa. Seperempat bagian pernah pergi ke Taman Mini Indonesia Indah. Berapa
siswa yang pernah pergi ke Taman Mini Indonesia Indah?
4. Kelompok
Siti berjumlah 12 siswa. Sepertiga bagian bertugas menulis kembali dongeng.
Berapa siswa yang bertugas membuat dongeng?
5. Apa kegunaan boneka
saat mendongeng?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar