Tema 1 Hidup Rukun
Sub 1 Hidup Rukun di Rumah
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
Media dan Alat Pembelajaran
- Teks cerita tentang hidup rukun
- Teks percakapan tentang hidup rukun
- Gambar kumpulan kubus
- Gambar tiket masuk tempat wisata
Materi Ajar :
- Menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan teks cerita.
- Menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga di rumah.
- Menjelaskan makna ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering
melakukan kerja sama bersama anggota keluarga kita, seperti memasak bersama,
merawat tanaman bersama, dan membersihkan rumah bersama. Kerja sama adalah
melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
Kerja sama adalah contoh penerapan Sila Ketiga.
Udin dan Mutiara rukun dalam
melakukan tugas-tugas di rumah.
Mereka mempunyai tugas
membersihkan rumah dan halaman.
Bagaimana agar tugas itu
dapat diselesaikan dengan baik?
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut!
Kebersihan rumah tempat
tinggal Udin selalu terjaga.
Setiap anggota keluarga
bertugas menjaga lingkungan rumah.
Udin dan Mutiara bertugas
menjaga keindahan
halaman rumah.
Mereka melaksanakan tugas
dengan cara bekerja sama.
Udin menyiram tanaman.
Mutiara menyapu halaman. Halaman rumah selalu indah dan rapi.
Ayah dan Ibu senang karena
anak-anaknya cepat kaki ringan tangan.
Bacalah kalimat berikut!
1. Udin menjadi juara pertama lomba menggambar, tetapi ia tetap rendah hati.
2. Ayah dan ibu mengasihi buah hatinya.
3. Udin senang mendapat buah tangan dari ayah.
4. Udin dijuluki cepat kaki ringan tangan karena selalu mengerjakan tugas dengan baik.
5. Masalah harus diselesaikan dengan kepala dingin agar tidak terjadi pertengkaran.
Apakah kamu pernah berbeda pendapat
dengan kakak/adikmu?
Kita harus memiliki sikap menhargai
kepada semua orang.
Sikap saling menghargai diperlukan untuk
menjaga kerukunan di rumah.
Ayah menghargai pendapat Ibu, begitu pula
sebaliknya.
Kakak menghargai pendapat adik, begitu
pula sebaliknya.
Orang tua menghargai pendapat anak,
begitu pula sebaliknya.
Dengan saling menghargai kita dapat hidup
rukun.
Hidup rukun di rumah membuat suasana
tenang dan damai.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di
bawah ini!
Ayah : Hari Minggu nanti kita akan
berwisata.
Kalian ingin pergi ke mana?
Udin : Aku ingin pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana kalau ke pegunungan
saja?
Ibu : Wah, ada dua pendapat nih. Mana
yang akan kita pilih?
Udin : Liburan kali ini saya ingin ke
kebun binatang.
Ayah : Mari kita ambil jalan tengah. Ada
yang mau mengajukan usul?
Mutiara : Begini saja, saya punya usul.
Liburan kali
ini kita pergi ke kebun binatang. Liburan
selanjutnya kita pergi ke pegunungan.
Udin : Kakak baik sekali. Maaf ya, Kak.
Aku
sudah bicara terlalu keras tadi. Baik,
aku
setuju.
Ibu : Itulah manfaatnya kalau persoalan
diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah : Kalian memang anak-anak yang
hebat.
Saya mendapatkan tiket masuk Kebun Binatang.
Pada tiket masuk Kebun Binatang tertulis No. 354.
354
digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.
Banyaknya
kubus ada 354
Dibaca
tiga ratus lima puluh empat
Tugas
- Kumpulkan foto kegiatanmu di rumah yang menerapkan Sila Ketiga!
- Tuliskan nama bilangan dari 245 !
- Bilangan 435Angka 4 menempati nilai tempat =Angka 3 menempati nilai tempat =Angka 5 menempati nilai tempat =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar